Secara umum terdapat dua jenis penelitian yang dapat dilakukan, yakni penelitian secara keuantitatif dan secara kualitatif. Kedua pendekatan penelitian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing, tergantung dari kebutuhan perusahaan atau individu yang hendak dicapai. Riset pemasaran ini bermanfaat bagi para pelaku usaha, baik itu usaha mikro, kecil, menengah, sampai dengan skala usaha besar.

Berikut ini disampaikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat memulai riset pemasaran agar dalam merumuskan strategi tidak terjadi ketidaksesuaian karena kesalahan dalam melakukan riset pemasaran.

  1. Tetapkan tujuan riset pemasaran

Langkah ini sangat penting dan menunjang keberhasilan dari strategi yang akan diterapkan kemudian. Contoh dari tujuan riset pemasaran antara lain adalah 1) untuk mengetahui kebutuhan konsumen dalam rangka pengembangan produk atau jasa yang dibuat, 2) untuk mengetahui peluang pasar atau tren yang berkembang di masyarakat, atau dapat juga terkait dengan perubahan perilaku konsumen, 3) untuk memperbaiki kinerja perusahaan seperti aspek komunikasi pemasaran, aspek penjualan, aspek pelayanan kepada konsumen, dan aspek merek dari produk yang dimiliki perusahaan.

  1. Tetapkan kriteria responden atau sumber data

Responden yang tepat akan menghasilkan data yang berkualitas dan valid. Apabila data sampel yang diambil dalam riset pemasaran tidak sesuai dengan tujuan dari riset pemasaran, maka interpretasi dari hasil riset pemasaran juga tidak akan optimal dan cenderung untuk tidak dapat digunakan.

Sumber data yang digunakan dapat dikombinasikan dari kualitatif dan juga kuantitatif. Data kualitatif yang dapat diambil antara lain adalah dengan melakukan wawancara, diskusi, dan juga pengamatan perilaku responden. Sedangkan untuk data kuantitatif, lebih banyak dilakukan untuk mengetahui hubungan antar variabel penelitian yang digunakan dan umumnya dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada responden yang berisikan pernyataan setuju atau tidak setuju.

Selain dilihat dari metode pendekatan pengambilan datanya, terdapat pula dua jenis data yang dapat dijadikan sumber data yakni data primer dan data sekunder.

  1. Mengolah data dan menginterpretasikan data

Data yang telah diperoleh dari responden kemudian diolah untuk nanti akan dibuatkan kesimpulan. Dalam mengolah data, terdapat beberapa tools yang dapat digunakan untuk jenis data kualitatif dan kuantitatif, sehingga dapat membantu peneliti dalam melakukan analisis data hasil dari pengumpulan data yang telah dilakukan tersebut.

  1. Membuat kesimpulan atau pengambilan keputusan

Dalam melakukan penyusunan kesimpulan, perlu juga diperhatikan juga beberapa pertimbangan tambahan terkait dengan rekomendasi – rekomendasi atau saran – saran hasil riset pemasaran kepada para pengambil kebijakan, sehingga para pengambil kebijakan dapat memutuskan dengan baik strategi yang akan dijalankan oleh perusahaan tersebut.