Para pelaku usaha, khususnya UMKM saat ini sudah semakin memahami tentang pentingnya mengenalkan sebuah merek dari usaha yang mereka jalankan. Berdasarkan penelitian menunjukan bahawa merk yang dikenal oleh banyak memiliki kemungkinan dibeli lebih besar dibandingkan dengan merk yang mereka tidak kenali. Berikut ini adalah beberapa contoh merk dengan nilai tertinggi di dunia menurut Forbes di tahun 2020.

Kembali pada kasus di sektor UMKM, banyak hal yang dapat dilakukan untuk dapat mengenalkan merknya, terlebih lagi di era teknologi informasi seperti sekarang ini dimana para pelaku UMKM dapat mengoptimalkan dan memanfaatkan teknologi tersebut untuk mengenalkan merk mereka kepada target marketnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memulai mengenalkan merek anda tersebut:

  1. Kenali terlebih dahulu perilaku target market anda, terutama di online apabila anda melakukan banyak aktivitas di online.
  2. Mulailah untuk melakukan analisis pada produk anda, mulai dari fitur dan keunggulan produk anda dibandingkan dengan pesaing anda. Untuk mengkonfirmasi keunggulan dan fitur tersebut, anda dapat menanyakan atau diskusi dengan target market anda.
  3. Buatlah akun media sosial, e-commerce, website / blog dan juga jangan lupa untuk memberikan logo yang unik dan menarik agar dapat menarik perhatian dari target market anda. Apabila e-commerce tidak sesuai dengan target market anda, maka pilihan untuk masuk e-commerce dapat dipertimbangkan kembali, termasuk juga website / blog tersebut.
  4. Buatlah konten secara berkala dan konsisten. Konten ini dapat bermacam-macam bentuknya, mulai dari edukasi, produk, promo, sampai dengan permainan. Selain daripada jenis konten, yang perlu diperhatikan adalah komposisi warna, tulisan, dan juga pola yang digunakan. Hal ini penting karena apabila kita sering untuk mengubah-ubah komposisi pada konten kita, target market juga pasti akan bingung dan dapat membuat bias merk anda.