Arti dan peran merek dalam suatu bisnis sangatlah penting menurut American Marketing Association (AMA) dalam Keller (2003) mengatakan merek adalah suatu nama, istilah, simbol, desain atau kombinasi dari hal-hal tersebutyang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan produk atau jasa yang dihasilkan oleh penjual atau kelompok penual dan membedakannya dari para pesaing. Sedangkan menurut Keller (2003) merek adalah suatu produk yang telah ditambahkan dengan dimensi lainnya yang sama-sama didesain untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Perbedaan tersebut dapat berupa sesuatu yang emosional dan tidak berwujud yang berhubungan dengan apa yang diharapkan dipresentasikan oleh merek.

Istilah Brand Evangelist memang bukanlah suatu hal baru lagi di dunia pemasaran. Brand Evangelist adalah satu dari banyak faktor penting yang bisa membuat sebuah brand bisa lebih dikenal dan memiliki citra yang positif. Banyak brand besar berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya agar mereka bisa menjadi Brand Evangelist-nya. Brand Evangelist adalah pelanggan setia yang memiliki hubungan emosional dengan suatu brand dan rela melakukan apa pun untuknya. Brand Evangelist bisa disebut sebagai pelanggan yang paling berharga karena mereka akan dengan senang hati mempromosikan produk dengan cuma-cuma. Tentunya, hal ini akan sangat bermanfaat bagi sebuah brand karena saat mereka memiliki banyak Brand Evangelist, pasti tingkat kepercayaannya lebih tinggi. Setiap brand pasti memiliki strategi tertentu untuk meningkatkan customer loyalty. Namun, seorang pelanggan yang loyal masih belum bisa dikatakan bahwa mereka seorang Brand Evangelist. Seorang Brand Evangelist bisa diibaratkan sebagai fans fanatik dari sebuah produk. Contoh nyata dari hal yang satu ini misalnya adalah Brand Evangelist dari Apple. Setiap ada iPhone varian terbaru yang akan dirilis, ada banyak sekali penggemar yang rela antre di depan toko selama berjam-jam. Kemudian, mereka akan dengan senang hati membeli produk-produk baru yang dirilis oleh Apple.

Forbes menjelaskan ada beberapa hal yang rela dilakukan oleh Brand Evangelist untuk mendukung brand favoritnya, berikut ini contohnya:

  1. Membentuk komunitas

Komunitas ini bisa mereka jadikan sarana untuk tanya jawab serta berbagai kegiatan lain untuk mendukung brand yang disukainya.

  1. Menggunakan media sosial pribadinya untuk memasarkan brand

Brand Evangelist juga akan dengan senang hati menggunakan media sosial pribadinya untuk memasarkan brand favoritnya.

  1. Menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggannya

Cara agar bisa membuat hubungan yang baik dengan para pelanggannya, dengan meningkatkan customer engagement atau membuat brand identity untuk membentuk citra yang positif bagi pelanggannya.

Referensi: https://glints.com/id/lowongan/brand-evangelist-adalah/#.YRkC9YgzY2x

              https://www.dosenpendidikan.co.id/ekuitas-merek/