IWAN SETIAWAN, S.Sn., M.Sn.

DOSEN DKV – D6082

UNIVERSITAS BINA NUSANTARA

 

Perkembangan zaman dan teknologi merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Begitu juga dengan perkembangan media yang setiap harinya semakin berkembang maju dan semakin mudah untuk digapai oleh masyarakat. Apalagi dengan munculnya new media atau media baru yang saat ini hampir digunakan oleh seluruh orang di dunia. Perbedaan mendasar dan paling terlihat pada media baru yang membuatnya berbeda dengan media lama adalah media baru merupakan media yang menggunakan internet serta jaringan dalam pengaplikasiannya. Contoh media baru yang familiar digunakan adalah media online. Media online saat ini lebih banyak digemari dibandingkan media konvesional yang saat ini mulai terasa kurang efektif untuk digunakan di zaman yang serba digital.

Media online sendiri memiliki berbagai macam jenis di antaranya sosial media seperti Instagram, Twitter, TikTok, Facebook dan sebagainya. Selain sosial media terdapat juga aplikasi chatting seperti WhatssApp dan Line lalu ada juga situs E-Commerence seperti Shopee, Toko Pedia, Lazada dan masih banyak lagi. Alasan mengapa media online saat ini lebih banyak digemari adalah karena pada media online terdapat banyak konten yang lebih bervariatif terutama pada sosial media seperti Youtube. Pada media online kita dapat dengan bebas memilih konten apa saja yang ingin kita nikmati sesuai dengan minat kita. Selain itu, konten pada media online juga dapat kita ulang sehingga dapat kita lihat kapan saja. Konten yang ada pada media online pun setiap hari selalu berubah dan bersifat interaktif

sehingga tidak membuat penikmatnya merasa bosan, tidak seperti televisi,radio atau

Berdasarkan data infografis di atas juga menunjukkan bahwa terdapat sekitar 272.1 juta populasi masyarakat di Indonesia dengan 160 juta populasi masyarakat yang aktif menggunakan sosial media pada bulan Januari tahun 2020 dan tentu saja data ini pasti akan terus berubah seiring dengan berjalannya waktu. Hal ini juga memperlihatkan bahwa hampir sebagian dari populasi di Indonesia sudah menggunakan dan mengandalkan media online terutama sosial media dalam kesehariannya. Media online sendiri juga banyak memberikan manfaat kepada para penggunanya, hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa media online sekarang banyak digunakan oleh orang-orang mulai dari memberikan informasi, mencari mata pencaharian seperti berjualan ataupun mencari pekerjaan, mencari ilmu pembelajaran hingga hiburan semua lengkap ada pada media online.