Marketing funnel merupakan bentuk lain dari customer journey, dimana menjelaskan proses seseorang dari tidak mengenal brand, mengenal, menimbang, melakukan pembelian, menilai produk, hingga menjadi pelanggan. Terdapat 5 tahapan dalam marketing funnel:

  1. Awareness (kesadaran)

Tahap di mana konsumen sadar barang apa yang ia inginkan atau butuhkan.

  1. Consideration (menimbang)

Tahapan konsumen mulai mencari info lebih banyak soal produk yang diinginkan (termasuk membanding-bandingkan satu merek dengan merek lainnya)

  1. Purchase (membeli)

Konsumen memutuskan untuk membeli produk yang terbaik.

  1. Retention (membeli kembali)

Konsumen merasa puas dengan pembelian pertama dan memutuskan untuk kembali membeli produk.

  1. Advocacy (testimonial)

Karena selalu merasa puas, konsumen menjadi loyal. Ia memberi testimoni bagus dan merekomendasikan produk atau layanan kamu kepada banyak orang.

Ada 5 alasan kenapa marketing funnel penting bagi sebuah bisnis:

  1. Melalui marketing funnel, kamu bisa memahami bagaimana calon pelanggan mengetahui brand (bisnis) kamu dan akhirnya memutuskan untuk melalui pembelian.
  2. Memaksimalkan strategi marketing yang telah kamu buat sebelumnya.
  3. Meningkatkan kemungkinan konversi di tiap tahapan customer journey.
  4. Petimbangan untuk penggunaan budget yang akan kamu gunakan untuk menjalankan sebuah strategi marketing.

Manfaat besar yang bisa diambil dengan penerapan strategi funnel marketing yaitu terjadi lonjakan penjualan yang didapat dari loyal customer. Karena dengan rekomendasi yang diberikan loyal customer kepada kolega, saudara dan keluarganya akan menciptakan efek domino dalam meningkatkan kepercayaan customer baru terhadap layanan dan produk bisnis Anda. Namun, tentu saja hal ini bisa tercapai dengan kesabaran membangun elemen-elemen yang dibutuhkan dalam funnel marketing seperti website, sosial media, customer service hingga layanan dan produk yang memang dibutuhkan oleh customer.

Referensi: https://whello.id/tips-digital-marketing/marketing-funnel-untuk-bisnis/