Bandung, 12 Juni 2021 – Saat ini, banyak anak-anak muda seperti kita terinspirasi untuk  memulai suatu bisnis melalui tahap start-up. Termasuk juga saya dan teman saya yang saat ini sedang merancang suatu bisnis dalam bidang clothing. Kami membuat T-shirt bertemakan K-pop yang kami beri label Excity. Sebagai pebisnis pemula, banyak hal yang harus diperhatikan agar jalannya suatu usaha dapat berjalan dengan baik. Banyak juga pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam pikiran kita seperti “Bagaimana cara agar bisa mendapatkan nilai pada produk saya dan mempromosikan produk dengan tepat?” berikut adalah hal yang harus diperhatikan :

  1. Menentukan target pasar dengan tepat

Pertama, kita harus menentukan terlebih dahulu siapa yang akan menjadi target pasar kita. Contohnya, saat ini kami sedang bergerak dalam bisnis clothing berbau Korean Idol maka kami harus bisa menentukan target pasar kami yang memang menyukai hal ini. Jika kita sudah menentukan dengan pasti siapa target market kita maka kedepannya kita jadi lebih mudah untuk memperkenalkan produk kita ke konsumen yang tepat.

  1. Membangun relasi dengan konsumen

Cara agar dapat menarik perhatian konsumen yaitu dengan membangun hubungan yang baik dengan konsumen. Dengan cara ini, kita dapat mengetahui apa yang konsumen inginkan sekaligus mendapatkan nilai pada produk kita yang sesuai dengan keinginan konsumen dan konsumen pun bisa mendapatkan pengalaman yang baik saat berbelanja di tempat kita. Dengan cara ini, secara langsung konsumen pun dapat mempromosikan produk kita ke orang-orang disekitanya.

  1. Mengetahui apa yang menjadi keinginan konsumen

Pada cara ini, kita harus bisa membedakan needs dan wants dari calon konsumen. Kebutuhan setiap orang itu sama yaitu hal-hal pokok seperti sandang, pangan dan papan. Akan tetapi keinginan seseorang itu berbeda-beda tergantung dari selera yang dipengaruhi oleh kebiasaan dari orang tersebut. Jika kita sudah dapat memahami hal ini, maka kita sudah mendapatkan kepuasaan konsumen terhadap produk kita.

Dalam mata kuliah Marketing Management pada sesi 1 yang berjudul Marketing : Creating Customer Value and Engagement, kami diajarkan untuk dapat meng- capture value konsumen dari ketiga cara ini. Kita diharapkan mampu untuk menargetkan dan memperkenalkan produk kita dengan tepat sasaran. Dan juga, dalam membentuk sebuah bisnis diperlukan sebuah kreativitas, hal ini dapat membantu kita untuk menciptakan produk yang bernilai dimata konsumen.

Sekian dari kami, terima kasih!

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship

Jessica Dermawan Foedarsono               Shella Novia Ekawati

2440029611                                                    2440036472