Kegiatan proses persiapan produksi diartikan sebagai sebuah rancangan kegiatan yang dibuat oleh tim bisnis untuk menggabungan berbagai elemen proses pembuatan produksi dalam satu kesatuan. Penggabungan ini sendiri ditujukan untuk membuat sebuah produk yang membantu kebutuhan dan keinginan konsumen nantinya sehingga mereka puas akan produk yang kita ciptakan. Proses pemroduksian produk atau jasa ini sendiri didalamnya melibatkan banyak bahan baku  dan bahan pembantu. Adapun harus dari sebuah produksi sendiri jika berbentuk produk maka harus diperhatikan masa fisik dan kimianya serta memiliki masa keawetannya yang dibatasi waktu tertentu. Bisnis kami Shiomaiii tentu menerapkan proses persiapan produksi karena perancangan yang baik akan membuat sumber daya menjadi lebih efektif, aliran produksi tertata, perkiraan sumber daya yang tepat, stok yang dipersiapkan akan maksimal, pengkoordinasian dan pembagian kerja jelas, meningkatkan produktivitas tim, dan menekan biaya produksi. Hal-hal yang kami perhatikan dan persiapkan sebelum membuat siomay dalam bisnis yang kami jalankan adalah sebagai berikut:

  • Pemilihan dan Pembelian Bahan Baku

Bahan baku menjadi hal yang sangat penting sebelum proses pembuatan produk dalam bisnis dimana kita harus bisa memastikan setiap stok bahan baku seperti bumbu sudah tersedia, juga pembelian bahan baku segar kepada supplier dan memastikan stok bahan baku segar tersebut tersedia.

  • Penempelan Detail Packaging

Penempelan detail packaging ini penting dilakukan sebelum produk dibuat agar pada saat produk telah jadi, tidak memerlukan waktu lagi untuk packaging karena semua detail dalam packaging sudah terpasang seperti stiker, logo, thankyou card, dll.

  • Pengecekan kualitas Bahan Baku

Pengecekan kualitas bahan baku ini sangat penting, terutama bahan baku segar dimana bahan baku yang akan dipakai harus dipastikan kualitasnya segar dan tidak basi atau mengeluarkan bau.

  • Sterilisasi

Sterlilisasi juga merupakan hal yang penting sebelum proses pembuatan produk dimana kita harus mencuci tangan dan memastikan setiap alat yang akan digunakan sudah dalam keadaan bersih dan tidak ada noda sama sekali.

  • Pengecekan list orderan

Pengecekan list orderan dilakukan untuk memastikan jumlah bahan yang ada sudah sesuai dengan list orderan yang masuk dimana list orderan dengan jumlah bahan tidak boleh kurang dengan yang sudah ditetapkan.

  • Pencarian Supplier Tetap

Identifikasi supplier yang menawarkan bahan baku berharga tetap sehingga proses produksi produk dapat stabil dan tidak mengalami hambatan karena tidak tersedianya bahan baku, juga dalam fluktuasi harga dalam pasar.

  • Pengecekan Packaging

Pengecekan packaging sebelum dikirim ke pembeli sehingga keamanan terjamin dan tidak akan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan seperti packaging robek, tidak menutup dengan rapat, dll.

  • Desaing Packaging

Pemilihan warna dan design packaging yang unik dan menarik konsumen dan tingkat efensiensi yang tinggi seperti ringan, kuat, elegan, mudah dibawa kemana – mana.

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship