Tips Meningkatkan Penjualan di Gofood dan Grabfood

Saat ini peluang bisnis begitu terbuka terutama di industri kuliner. Berkat aplikasi pesan-antar seperti Gofood atau Grab food, usaha kuliner semakin berkembang pesat. Masyarakat saat ini cenderung lebih suka menggunakan aplikasi tersebut ketimbang harus datang ke resto untuk makan. Bahkan dimasa pandemi terjadi peningkatan transaksi sangat tinggi di kedua aplikasi pesan-antar tersebut. Namun berbisnis kuliner dengan mengandalkan aplikasi seperti Gofood dan Grab food juga memiliki tantangan tersendiri. Salah satunya adalah usaha kita bersaing dengan begitu banyak usaha lainnya di aplikasi tersebut. Ibaratnya konsumen seperti masuk ke food court yang di dalamnya ada ratusan bisnis menawarkan produknya. Lalu apa saja tips-tips berbisnis di aplikasi pesan-antar agar dapat sukses?

  1. Jika anda akan memulai berbisnis, gunakan fungsi ‘terdekat’ di aplikasi dan pelajarilah usaha-usaha kuliner yang ada. Carilah produk yang masih jarang atau belum ada disekitar anda atau disekitar tempat usaha anda.
  2. Optimalkan foto produk anda, buatlah semenarik mungkin sehingga produk anda terlihat menonjol dibandingkan dengan produk pesaing. Jika perlu dan ada anggarannya, dapat menggunakan jasa foto produk profesional.
  3. Atur strategi harga dengan baik. Aplikasi akan meminta komisi dari setiap transaksi. Pelajari besar komisi tersebut lalu atur harga penjualan anda dengan baik. Perhatikan juga target pasar anda, berapa toleransi harga mereka.
  4. Aplikasi sering menawarkan program-program promosi. Usahakan untuk ikut terus program promosi yang ditawarkan. Konsumen, apalagi yang target konsumennya adalah anak muda, sangat menyukai promosi-promosi yang ditawarkan. Sering-sering juga membuat promosi sendiri yang besar discount-nya dapat disesuaikan dengan anggaran kita.
  5. Tingkatkan rating anda dengan mengenali bagaimana cara aplikasi memberikan rating. Ada aplikasi yang 100% menggunakan review konsumen ada aplikasi yang memperhitungan faktor lain selain review konsumen. Pelajari bagaimana perhitungan tersebut bekerja dan buatlah strategi untuk meningkatkan rating.

Penulis,

Dr. Ivan Diryana Sudirman, pemilik usaha Rendang Nenek dan Sate Belacan Pak Ivan.