Strategy marketing merupakan perencanaan strategi sebuah peluang agar dapat menyampaikan value produk ke konsumen. Dalam menyampaikan value kepada konsumen, membutuhkan market segmentation, market targeting, positioning, dan differentiation. Segmentation merupakan pengelompokan berdasarkan keinginan. Targeting merupakan langkah dalam menentukan target konsumen. Positioning adalah proses dalam menempatkan produk di dalam benak konsumen. Sedangkan differentiation adalah langkah dalam membedakan penawaran pasar untuk menciptakan superior customer value.

Selain itu, ada pula marketing mix yang merupakan sebuah alat pemasaran yang meliputi 4P (Price, Product, Place, Promotion) yang digunakan perusahaan dalam menghasilkan tanggapan yang diinginkan target market. Product berkaitan dengan variasi produk, kualitas, desain, nama brand, packaging, dan layanan. Sedangkan, price berkaitan dengan daftar harga, diskon, masa pembayaran, dan syarat kredit. Selain itu, yang tergolong dalam place adalah lokasi, inventory, logistik, dan transportasi. Dan untuk promotion meliputi advertising, personal selling, sales promotion, dan public relation.

Berikut ini adalah penerapan strategi marketing pada bisnis aksesoris Dainty Craft Accessories yang merupakan bisnis yang saat ini kami tekuni sebagai bagian dari proses pembelajaran bisnis:

  • Segmenting

– Segmentasi geografis: kami menargetkan konsumen yang berada di daerah bandung.

– Segmentasi demografis: seorang remaja hingga dewasa terkhususnya wanita yang memiliki pendapatan 1 juta dalam sebulan

– Segmentasi psikografis: produk kami ditujukan kepada konsumen yang memiliki ketertarikan dalam fashion khususnya dalam aksesoris. Selain itu, produk kami ditujukan kepada konsumen menengah ke bawah.

– Segmentasi perilaku: perilaku dari customer kami adalah seorang yang suka menghabiskan waktunya di media sosial yang senang melihat berbagai inspirasi fashion.

  • Targeting

Kami menetapkan target pasar yaitu remaja hingga dewasa umur 16-27 tahun yang memiliki ketertarikan terhadap fashion khususnya aksesoris. Dalam bisnis kami, kami melakukan strategi marketing dan promosi melalui media sosial seperti instagram dan tiktok. Kami memilih media sosial tersebut karena pada saat ini orang-orang banyak menghabiskan waktunya di sosial media. Sehingga memudahkan kami untuk melakukan promosi kepada target konsumen yang sudah kami tentukan.

  • Positioning

Produk kami menghadirkan barang dengan harga yang murah hanya sekitar Rp. 15.000- Rp. 50.000. Selain itu, beberapa jenis produk kami seperti gelang, kalung, dan strap mask dapat di custom sesuai permintaan konsumen.

  • Differentiation

Perbedaan pada produk kami yaitu dapat di custom sesuai keinginan. Contohnya kalung, gelang, dan strap mask dapat di custom menambahkan nama, gantungan, jenis model, dan juga warna.

Sedangkan 4P (Price, Product, Place, Promotion) berkaitan dengan bisnis kami adalah:

  • Place

Kami menjual produk di sosial media seperti instagram dan shopee.

  • Promotion

Meminta bantuan kepada teman untuk mempromosikan produk, mengadakan giveaway, melakukan pemasangan iklan pada instagram ads, dan diskon produk.

  • Price

Produk kami dijual dengan harga kisaran Rp.15.000 – Rp.50.000

  • Product

Produk dari Dainty Craft Accessories yaitu menjual produk seperti kalung, gelang, dan strap mask

Penulis:

Mahasiswa Creativepreneurship