SRIMDI 2021 UNTAR-BINUS

D6081 Rachmi Kumala Widyasari

Seminar Riset Mahasiswa Desain Interior atau yang disingkat dengan SRIMDI, pertama kali diadakan pada tanggal 27 Mei 2021. Seminar ini diprakarsai oleh Program Studi Desain Interior, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Tarumanagara, Jakarta. Acara ilmiah ini terselenggara sebagai bentuk implementasi dari kerjasama antar kedua Program Studi Desain Interior, UNTAR dan BINUS. Acara ini dibuka pada tanggal 27 Mei dengan menampilkan beberapa narasumber dari bidang Arsitektural dan Desain Interior. Para narasumber tersebut adalah Rudy Dodo dari Trivium Design, Kenzo Wienand dari HDII Semarang dan Galeri Batik Jawa Indigo, Rachmi Kumala Widyasari dari Desain Interior BINUS Bandung, St. Dwiyanto dan Augustina Ika Widyani dari Desain Interior UNTAR. Sesi pembukaan acara SRIMDI ini diikuti oleh 400 lebih peserta yang terdiri dari kalangan civitas akademika UNTAR, BINUS maupun masyarakat umum.

Pada sesi pembukaan, para narasumber berbagi pengetahuan sesuai dengan keahliannya, dengan tujuan yang sama yaitu mengajak para mahasiswa untuk lebih menggali budayanya sendiri. SRIMDI tahun ini mengusung tema: Inspirasi Konten Lokal untuk Desain Kekinian. Rachmi Kumala Widyasari sebagai narasumber yang mewakili Universitas Bina Nusantara, dalam kesempatan ini berbagi mengenai bagaimana melakukan penelitian dengan objek riset budaya tradisi dengan memanfaatkan teknologi terkini. Ia memaparkan rangkaian proses riset yang telah dilakukan sebelumnya tentang bagaimana mengamati perilaku para pembatik dalam proses membatik dengan canting pada industri batik tradisional. Pengamatan perilaku ini dilakukan dengan menggunakan alat motion capture yang salah satu luarannya berupa working envelope. Working envelope ini kemudian yang dijadikan dasar pertimbangan dalam merumuskan minimum requirement area (MRA). MRA merupakan dasar dalam suatu proses perancangan ruang.

Gambar 1. Pemaparan materi pada sesi pembukaan oleh narasumber dari Universitas Bina Nusantara, Rachmi Kumala Widyasari

Sesi paralel berlangsung selama kurang lebih satu minggu, dari tanggal 27 Mei hingga 4 Juni 2021. Dalam kurun waktu sesi paralel ini, para mahasiswa baik UNTAR maupun BINUS, melakukan presentasi proses kemajuan riset mereka. Para mahasiswa dari mata kuliah Sustainability in Design mewakili mahasiswa dari BINUS untuk acara SRIMDI tahun ini. Mereka mempresentasikan hasil kemajuan riset mereka tentang material yang berkelanjutan dan penerapannya pada elemen desain interior. Sesi paralel berlangsung dalam beberapa sesi. Para mahasiswa mata kuliah Sustainability in Design diberikan arahan dan bimbingan oleh dosen kelas yaitu R. Asep Ahadiat G dan Deanawati Insani Wasilah, baik dalam materi maupun sistematika penulisan. Diharapkan para mahasiswa mampu menghasilkan karya ilmiah berupa prosiding yang nantinya akan dipublikasikan sebagai luaran dari acara SRIMDI 2021.

Gambar 2. Presentasi hasil kemajuan riset oleh mahasiswa mata kuliah Sustainability in Design pada sesi paralel SRIMDI 2021

Semoga kerjasama antara kedua belah pihak yaitu Program Studi Desain Interior Universitas Tarumanagara dan Universitas Bina Nusantara berjalan lancar dan langgeng. Sampai jumpa di acara SRIMDI 2022!