Masyarakat awam seringkali tidak mengerti seberapa pentingkah dan seberapa perlukah pemerintah untuk melakukan International Trade dan cenderung menyalahkan pemerintah ketika pemerintah melakukan International Trade. Sekarang pertanyaannya adalah “Apakah International Trade menguntungkan bagi suatu negara?” atau “Apakah International Trade antar negara diperlukan?”. Jawabannya adalah YA. Mengapa demikian? Alasannya adalah satu negara dan negara lainnya saling terhubung. International Trade tidak bisa lepas dari peradaban kita semua, karena banyak hal seperti teknologi, bahan makanan, bahan baku maupun alat kesehatan yang harus dilakukan dengan impor ekspor. Banyak hal yang tidak bisa diproduksi oleh suatu negara dikarenakan iklim yang berbeda, kebiasaan yang berbeda maupun sumber daya yang berbeda.

Dengan suatu negara menjalin International Trade dengan negara lainnya, banyak keuntungan yang didapatkan oleh negara. Contohnya adalah antar negara dapat menjalin hubungan persahabatan yang erat karena akan saling melengkapi kebutuhan satu sama lain, negara dapat menciptakan lapangan kerja yang luas karena pekerja yang akan dipekerjakan adalah orang dalam negeri dan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi. Banyak produk luar negeri yang membuka pabrik di Indonesia, seperti pabrik Nike dan Adidas di Tangerang, bahkan Manchester United pun mempercayakan negara Indonesia untuk memproduksi jersey tim mereka yang terletak di pabrik yang ada di Tangerang. Hal ini jauh dari pemikiran masyarakat awam yang berpikir bahwa International Trade tidak berguna atau tidak menguntungkan bagi suatu negara, karena masyarakat awam berpikir bahwa setiap negara mampu untuk memproduksi semua hal yang diperlukan dan diinginkan oleh para masyarakat. Tapi kenyataannya adalah TIDAK. Seharusnya masyarakat tidak perlu heran dan marah akan hal itu.

Memang kenyataannya setiap hal ada positif dan negatifnya, tetapi dengan masyarakat mendukung pemerintah untuk melakukan International Trade maka setiap kebutuhan yang diinginkan masyarakat mungkin akan terpenuhi satu demi satu. Tanpa adanya International Trade atau ekspor impor yang dilakukan, maka kemungkinan terburuknya adalah resesi, dikarenakan roda ekonomi terhenti. Kebutuhan masyarakat akan susah untuk terpenuhi. Kita mengambil contoh andaikan Indonesia tidak menerima impor beras dari Vietnam ataupun impor bawang bombay dari Thailand, maka apakah yang kira-kira akan terjadi?. Masyarakat Indonesia akan kekurangan sehingga akan timbul penjarahan dimana-mana, sehingga akan memperburuk keadaan.

Kesimpulannya adalah International Trade sangat penting bagi suatu negara, tidak hanya penting bagi pihak pemerintah saja tetapi penting juga bagi pihak masyarakat. Oleh karena itu, alangkah baiknya kita sebagai masyarakat mendukung kegiatan International Trade yang dilakukan oleh pihak pemerintah.

Referensi :https://www.hipwee.com/feature/barang-luar-negeri-diproduksi-indonesia/