Oleh ;  Mochammad Haldi Widianto

 

Desa mekarsari merupakan desa yang terdapat di kabupaten bandung, kecamatan cimaung. Desa ini banyak memiliki banyak petani dan pendidikan belum menjadi prioritas utama desa, sehingga masih banyaknya warga yang buta huruf

Teknologi merupakan unsur penting dalam peningkatan taraf kehidupan, salah satunya pemanfaatan yang sudah tidak asing. PSBB membuat onlinisasi diberbagai aspek, seperti penjualan pembelian dsb.

Office sering digunakan untuk aktifitas pendataan, proposal dan laporan di desa mekarsari penggunaan word hanya sebatas membuat laporan. Mereka membutuhkan pelatihan di bidang word yang lebih mendetail lagi. Karena manfaat dari Microsoft Word bukan hanya untuk pelaporan saja tapi masih banyak hal lainnya.

Gambar 1. Tim HIMTI melakukan pelatihan microsoft word

Pada pelatihan ini tim PKM di ketuai oleh Mochammad Haldi Widianto dan dibantu teman-teman mahasiswa dari HIMTI Binus Bandung membuat pelatihan microsoft word kepada perangkat desa mekarsari, didatangi langsung oleh kepala desa, sekertaris desa dan ketua bagian desa mekarsari

Pelatihan berjalan lancar dibantu oleh B23 Igna dan randy, yang dibantu juga oleh hocky. Karena terkendala PPKM sehingga pelatihan menggunakan video conference. Peserta desa sangat antusias dengan pelatihan ini.

Gambar 2. Pelatihan pembuatan proposal

Sosialisasi pertama ini dibarengi dengan sosialisasi BERTANI sehingga diharapkan pada pertemuan selanjutnya. Masyarakat desa mekarsari akan terbiasa dan terlatih menggunakan office sederhana word ini.