Lingkungan kerja merupakan sebuah lingkungan yang berisi sekumpulan manusia yang memiliki kemampuan, pribadi, dan latar belakang yang berbeda – beda. Perusahaan memerlukan agar semua pegawainya mampu untuk bekerja sama secara kohesif dan akrab yang nantinya akan memudahkan perusahaan untuk mencapai tujuannya, mengurangi konflik antar pegawai, dan jumlah pegawai yang keluar tempat kerja. Oleh sebab itu, ada beberapa perusahaan yang menggunakan sistem Dunbar’s Number atau The Rule of 150.

Dunbar’s number atau The rules of 150 adalah teori yang dicetuskan oleh salah satu anthropologist asal Inggris Robin Dunbar. Teori ini menekankan bahwa kita sebagai manusia bisa menjaga sebuah hubungan secara nyaman antar sesama sebanyak 150 orang. Dunbar menjelaskan mereka adalah orang yang kamu tidak akan malu untuk bergabung dengan mereka walaupun tidak diundang jika suatu saat kamu bertemu dengan mereka di sebuah bar.

 

Didalam penggunaannya Dunbar’s number digunakan oleh beberapa organisasi yaitu :

  1. Kelompok keagamaan Hutterite

Kelompok keagamaan ini merupakan kelompok keagamaan yang mirip dengan orang Amish dan telah ada semenjak tahun 1527. Kelompok ini memiliki hukum yang menyatakan bahwa bila didalam suatu kelompok sudah mau mendekat 150 orang, maka kelompok tersebut akan dipecah menjadi 2.  Kelompok Hutterrite memiliki keyakinan bahwa jika suatu kelompok mendekati jumlah 150 maka akan muncul permasalahan – permasalahan yang tidak dapat dijelaskan dan nanti akan mengubah kelompok tersebut dalam waktu yang singkat.

  1. Perusahaan Gore-Tex

Perusahaan Gore Tex memiliki aturan didalam setiap pabriknya untuk memastikan hanya memiliki 150 pegawai dan jika sudah melebihi maka akan dibentuk tempat baru dan kelompok baru. Sistem ini digunakan untuk menjamin kerjasama yang baik dan hubungan interpersonal antar pegawai yang kuat. Didalam Gore-Tex seluruh pegawai tidak dibagi didalam hierarki seperti atasan dan bawahan. Semuanya memiliki jabatan sebagai associates tetapi memiliki tugas yang berbeda – beda. Teknik ini terbukti dengan perusahaan yang mengalami untuk selama 35 tahun berturut – turut.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa Dunbar’s Number atau The Rule of 150 merupakan sebuah pedoman didalam membentuk organisasi. Prinsip ini menciptakan hubungan antar pegawai yang dekat dan mampu bekerja sama dengan baik dan ketika sudah mau mencapai 150 orang sebaiknya dilakukan pemecahan kelompok agar jumlahnya dibawah 150 orang lagi. Hal ini ditunjukan dengan keberlangsungan kelompok Hutterite dari tahun 1527 dan Gore-Tex yang mengalami untung selama 35 tahun.

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship

Marshello Gerald K (2301914226)

Marcel Jordi K (2301855210)