Saat ini transaksi menggunakan aplikasi pesan-antar semakin tinggi. Terlebih lagi saat pandemi ini dimana orang harus lebih banyak di rumah. Aplikasi pesan-antar seperti Gofood, Grab food dan shopee food menjadi pilihan banyak orang untuk bisa membeli makanan tanpa harus keluar rumah. Nah, apa saja yang harus diperhitungkan jika ingin membangun bisnis kuliner rumahan seperti ini?

  1. Kelebihan bisnis seperti ini adalah tidak dibutuhkan tempat yang luas, cukup menggunakan dapur, atau garasi saja. Tempat makan pun tidak diperlukan karena usaha model begini tidak menyediakan layanan makan di tempat. Akan tetapi jika memungkinkan bisa juga menyediakan 2-3 meja untuk antisipasi saja.
  2. Pasang spanduk atau neon box yang jelas terlihat dari jalan utama. Tempat usaha anda tidak perlu benar-benar dipinggir jalan, yang penting petunjuk bagi driver untuk sampai tempat anda cukup jelas dari jalan utama. Spanduk atau neon box yang jelas terlihat juga menjadi syarat agar bisa mendaftar ke aplikasi pesan-antar.
  3. Buat kemasan yang menarik, jangan asal-asalan karena kontak anda sebagai pebisnis model begini dengan konsumen hanyalah dari kemasan. Cantumkan informasi penting seperti medsos, telepon dan sebagainya di kemasan. Pastikan juga kemasan aman, tidak mudah rusak dan bisa menjaga suhu makanan.
  4. Aktif melakukan promosi, jika memungkinkan ikuti program-program promosi dari aplikasi. Kalau tidak ada promosi dari aplikasi, bisa membuat promosi sendiri di aplikasi untuk merchant.
  5. Gunakan medsos seperti IG, tiktok, dan lain-lain. Kelola medsos dengan baik karena medsos menjadi salah satu sumber informasi bagi konsumen. Karena usaha seperti ini tidak terlihat dari jalan besar atau tidak diarea strategis maka jarang terlihat. Sehingga medsos dan juga kemasan menjadi ‘wajah’ dari usaha anda.

Penulis,

Dr. Ivan Diryana. Pemilik usaha Rendang Nenek dan Sate Belacan Pak Ivan