Kegiatan Summer Camp HIMTI

Oleh : Muhammad Maulana Ramadhan

 

HIMTI summer class merupakan kegiatan tahunan dari HIMTI yang bertujuan untuk memberikan pengenalan dunia IT terhadap siswa SMA khususnya pada computer science.

Kegiatan ini terdiri dari dua jenis kursus yaitu kursus logic programming dan kursus application development.  Logic programming merupakan kursus singkat berdurasi 3 minggu yang bertujuan mengenalkan pengembangan aplikasi dan algoritma menggunakan MIT App Inventor dan Flowgorithm.

Application development sendiri merupakan pelatihan berdurasi tiga minggu yang berfokus pada pengembangan aplikasi. Sedangkan logic programming berfokus pada pengenalan algoritma. Terlepas dari materi yang diajarkan, tiap kursus dibagi menjadi beberapa kelompok belajar atau kelas, dimana kelasnya sendiri terdiri dari maksimal delapan siswa dan diampu oleh dua instruktur dari HIMTI. Kondisi ini benar-benar kondusif karena kelasnya sangat privat. Kemudian, pada tahun ini HIMTI summer class diikuti oleh 29 siswa SMA secara daring yang tersebar di kedua kelas tersebut. Berikut dokumentasi selama pelatihan berlangsung

Gambar 1 Cuplikan kegiatan kelas logic programming

Gambar 2 Kegiatan kelas logic programming

Gambar 3 Kegiatan pengajaran kelas application programming

Gambar 4 Kegiatan kelas application programming

Di akhir kursus, tiap peserta berhak mengikuti kompetisi yang diadakan di tiap kelas. Tujuannya adalah untuk mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari serta melatih diri dalam suasana lomba.  Berikut dokumentasi selama presentasi lomba.

Gambar 5 Presentasi kelas logic programming

 

Dari tiap kompetisi dipilih tiga orang terbaik, berikut nama-nama pemenang di tiap kategori lomba. Congrats!

Tabel 1 Pemenang kompetisi di tiap kelas

App Development:
Juara 1 Fiona Patricia Darma
Juara 2 Andrew Raynard Liharja
Juara 3 Girenda Dhiandre Ardianugrah

 

Logic Programming:
Juara 1 Bryan Daniel Angelino

 

Juara 2 Aileen Priskila Permana

 

Juara 3 Jeselyn Arviana

 

Banyak sekali kejadian seru ketika acara ini berlangsung, salah satunya kisah yang membuat kagum dari salah satu yang bernama lengkap Aileen Priskila Permana. Aileen adalah peserta yang mengalami nasib kurang beruntung dimana karyanya banyak yang error sehari sebelum pengumpulan. Tetapi siswi dari SMA Cahaya Bangsa Classical School  tidak menyerah begitu saja kepada keadaan yang tidak berpihak pada dirinya. Dengan segala daya upaya, Aileen tetap berjuang membuat kembali karyanya. Tidak sia-sia, usaha Aileen membuahkan hasil sehingga ia meraih juara dua dalam kategori logic programming.

Cerita kecil ini mengingatkan kita kembali untuk terus berjuang hingga titik darah penghabisan dan tentunya sangat menginspirasi, terutama bagi para kaum hawa yang sedang menempuh di pendidikan computer science. Mengingat populasi kaum hawa yang jago ngoding sangat sedikit sekali populasinya.

Demikian, sampai jumpa di HIMTI SUMMER Class tahun depan.