Setiap produk yang dipasarkan kepada masyarakat pada umumnya memiliki kemasan. Kemasan ini memiliki fungsi utama sebagai pelindung produk agar ketika produk tersebut di distribusikan, produk dapat “aman” hingga sampai ke tangan konsumen.

Bagi seorang pengusaha, kemasan juga memiliki peranan yang penting, tidak hanyak sebagai pelindung produk mereka saja.

Terdapat fungsi lain dari kemasan tersebut yang juga dapat menunjang image pada produk tersebut. fungsi lain kemasan tersebut antara lain adalah sebagai salah satu strategi promosi perusahaan. Sehingga kemasan produk tersebut akan memiliki warna, desain, bentuk, dan merek yang menunjang sesuai dengan nilai yang ingin disampaikan kepada target pasar dari produk tersebut.

Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan fungsi lain dari kemasan tersebut:

  1. Merek merupakan hal yang tidak terpisahkan didalam kemasan produk, karena merek juga merupakan salah satu pembeda antara satu produk dengan produk yang lain yang dapat membentuk image terhadap produk tersebut.
  2. Warna adalah salah satu faktor penting penentu konsumen ketika akan memutuskan untuk membeli suatu produk
  3. Desain dan bentuk kemasan merupakan elemen penting dari kemasan yang membantu komunikasi promosi produk. Selain itu, desain dan bentuk kemasan juga merupakan elemen pembentuk image dari produk tersebut.

Sumber:

Bonita M. Kolb. (2020). Entrepreneurship for the Creative and Cultural Industries. 2nd. Routledge. United Kingdom. ISBN: 9780367419738