Dalam sebuah perusahaan tentunya memiliki karyawan untuk mendukung proses berjalannya perusahaan. dalam lingkungan pekerjaan tentunya harus memiliki hubungan baik dengan rekan kerjanya. Setiap orang pasti saling berinteraksi. Interaksi yang dibangun dengan rekan kerja harus didukung oleh sikap dan sifat yang baik. Agar akan terciptanya suasana di tempat kerja yang baik dan nyaman. Tetapi tidak semua orang dapat menciptakan hubungan yang baik antar rekan kerja. Supaya dalam lingkungan kerja karyawannya dapat menjalankan hubungan yang baik maka ada beberapa tips berikut ini:

  1. Memiliki cara komunikasi dengan bahasa yang sopan dan santun.

Komunikasi yang dilakukan dengan bahasa sopan dan santun akan membuat semua orang yang berada didekat kita menjadi nyaman dan tertarik untuk berkomunikasi dengan kita.

  1. Bersikap ramah terhadap semua orang.

Bersikap ramah dengan dengan semua orang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja karena hal itu akan membuat rekan kerja ingin berteman dengan kita

  1. Berikan senyuman.

Senyum adalah hal yang terpenting didalam dunia pekerjaan. Ketika kita memberikan salam yang baik disertai dengan senyuman pasti orang lain pun akan bersikap senang kepada kita. Berbeda dengan jika kita melayani orang dengan memasang wajah yang cuek atau muram , otomatis mereka pun akan bersikap malas kepada kita.

  1. Saling menghormati dan menghargai sesama tanpa memandang status atau agama

Jangan kita hanya sopan kepada atasan / orang yang lebih tinggi statusnya dari kita. Karena kita sesama rekan kerja pasti nantinya akan saling bekerja sama dan saling membutuhkan.

  1. Berperilaku yang baik dengan semua orang.

Jika kita berperilaku dengan baik dengan orang disekitar kita maka kita akan mendapatkan timbal balik yang baik juga dari orang tersebut.

  1. Saling membantu jika ada rekan kerja yang kesulitan.

Jika kita mau membantu sesame terlebih dahulu, suatu saat jika kita mengalami kesulitan, orang tersebut juga akan membantu kita disaat kita sedang dalam kesulitan.

  1. Berperilaku jujur dalam setiap pekerjaan.

Kejujuran merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam bisnis, jika kita berlaku jujur maka kita akan dapat dipercaya oleh orang lain dan dapat diandalkan.

  1. Saling menjaga privasi antar rekan kerja.

Saling menghormati dan menjaga privasi rekan kerja adalah hal yang penting, supaya kita dapat dipercaya oleh orang lain.

  1. Bersikap ramah dengan semua orang, contohnya mengucapkan sapaan ketika bertemu, mengajak makan bersama supaya dapat menjalin relasi yang baik dengan rekan kerja.

  1. Saling mencari tahu apa yang disukai oleh rekan kerja

Dengan cara tersebut maka kita dapat menjalin hubungan yang akrap dan erat dengan rekan kerja.

Referensi :

https://www.ruangpegawai.com/tips/cara-menjalin-hubungan-kerja-yang-baik-dengan-rekan-kerja-2024

https://www.popbela.com/career/working-life/didy/10-cara-membangun-hubungan-baik-dengan-teman-teman-kerja

Penulis: Mahasiswa Creativepreneurship

Yonatan Senjaya (2301849095)

Tannia Iskandar (2301854901)

Tifani Fania Marchella (2301857834)