Pandemi Covid-19 pertama kali dinyatakan mewabah di Indonesia pada Maret 2020, tak bisa dipungkiri Covid-19 telah mengubah kehidupan banyak orang dan menciptakan berbagai kebiasaan baru. Salah satu dampak yang sangat terasa adalah perubahan ekonomi di berbagai sektor. Dampak perubahan tersebut ada sebagian orang yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau kehilangan pendapatan. Di sisi lain, perkembangan teknologi yang pesat dan jaringan internet membawa berkah tersendiri karena di masa krisis seperti sekarang mampu memberikan dampak positif yakni bermunculan berbagai peluang usaha online yang bisa ditekuni. Untungnya, ada banyak tool dan platform online yang dapat mempermudah proses pembuatan bisnis online. Baik kamu sudah memiliki banyak perusahaan besar atau memulai dari awal, Berikut adalah cara membangun bisnis online kamu:

  1. Mebuat website

Ada beberapa jenis bisnis yang bertahan tanpa memiliki situs web. Tergantung dari jasa atau produk yang ditawarkan, kamu mungkin hanya memerlukan halaman web tunggal, namun kebanyakan bisnis online membutuhkan situs dengan halaman yang cukup banyak. Apabila kamu menjual produk berwujud, maka kemungkinan besar kamu akan membutuhkan toko online untuk mempermudah proses pembelian pagi para pelanggan. Ada banyak penyedia hosting web yang dapat membantu membangun situs bisnis online dengan templat mudah dan sederhana untuk kebanyakan industri. Squarespace dan Wix adalah dua hosting web paling populer dengan pilihan templat gratis dan berbayar, atau Etsy yang dikhususkan untuk pasar e-commerce.

  1. Opsi pembayaran digital

Ada banyak opsi pasang-dan-pakai terpercaya yang bisa kamu cantumkan di situs web, seperti Gopay, OVO, Dana dan Shoppe Pay. Pastikan kamu mengerti tentang biaya atau ongkos pemasangannya, yang mana dapat bervariasi tergantung dengan jumlah uang yang kamu terima, kemudian menggabungkan biaya tersebut ke dalam harga yang kamu patok.

  1. Memindahkan toko fisik menjadi online

Proses ini bisa sangat menguntungkan karena kamu akan memiliki dua tempat di mana para pelanggan bisa mengakses produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu harus memikirkan cara keduanya bisa bekerja secara bersamaan.

  1. Mempublikasikan bisnis online baru

Layaknya periklanan tradisional (billboard, iklan cetak, iklan televisi), para pelanggan dapat menemukan bisnis onlinemu kapan saja. Menciptakan strategi periklanan dan pemasaran digital yang membantu para pelanggan untuk membeli pada saat itu juga menyebabkan penjualan cepat dan seringkali menggandakan untung, kamu tidak perlu terlalu pandai dalam bidang periklanan untuk mewujudkannya.

  1. Berpikir Panjang

Perencanaan adalah tahap penting dari pembangunan bisnis. Saat kamu membangun bisnis online dari awal, buatlah sebuah rencana untuk membuka usaha lengkap dengan kiat-kiat lainnya yang akan membantumu melewati tahun pertama dan beberapa tahun berikutnya. Setelah itu, buatlah sebuah rencana untuk lima tahun ke depan, lalu 10 tahun ke depan dengan “SMART Goals”.

Referensi: https://www.canva.com/id_id/belajar/cara-membangun-bisnis-online/

https://www.akseleran.co.id/blog/prospek-bisnis-online-di-era-pandemi-covid-19/