Semenjak terjadinya Pandemi COVID-19 di akhir tahun 2019 hingga saat ini, banyak inovasi lahir untuk beradaptasi hingga dapat terus berkembang. Tiap masalah yang terjadi karena pandemi, satu per satu mulai mendapat solusi, salah satunya dalam dunia pendidikan. Selama Pandemi COVID-19, seluruh instansi pendidikan, seperti sekolah dan universitas harus ditutup. Proses belajar mengajar pun menjadi online. Beruntung, perkembangan teknologi telah berkembang pesat, sehingga belajar online bisa dilakukan. Tapi, bagi para calon mahasiswa atau siswa baru, terasa agak kesulitan untuk mengetahui kampus atau sekolah mana yang menyakinkan untuknya. Dalam meberikan solusi dalam pemberian informasi perkuliahan di masa pandemi, BINUS hadir Jakarta Campus Update 2021.

Jakarta Campus Update dihadiri oleh berbagai macam perguruan tinggi dan terdapat berbagai event. Hari ini, 25 Juni 2021 Merupakan opening dari Virtual Expo ID sekaligus sebagai forum diskusi : “Diskusi Webinar : PROSPEK TATAKELOLA KAMPUS MERDEKA LINTAS SEKTOR 2021”. Diskusi ini dihadiri oleh  Bapak Prof Dr.Agus Setyo Budi, MSc, selaku Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta Kemendikbud RI, Bapak Agus Gunawan, selaku Kepala BPSDM Industri Kementrian Perindustrian RI, Bapak Ir.Zulfikri, MSc.Dea, selaku Kepala BPSDM Perhubungan Kementrian Perhubungan RI, Bapak Prof.dr.Abdul Kadir. Ph.D, Sp.THT-KL(K), MARS dan Ibu Dr. Kirana Pritasari, MQIH selaku Plt. Kepala Badan BPSDM Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Dalam kesempatan ini, para pimpinan perguruan tinggi membahas mengenai Gerakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Melalui Pendidikan Vokasi Industri. Dalam diskusi ini, para pimpinan menjelaskan rangkaian proses calon mahasiswa selama berkuliah, seperti terbukanya peluang untuk belajar di kampus lain, di luar negeri, pertukaran pelajar, magang, dll. Kemudian dalam diskusi Pengembangan Sumber Daya Manusia, dibahas juga bagaimana rangkaian proses belajar, bagaimana prospek dan rencana setelah para mahasiswa ini lulus.

Program Kampus Merdeka merupakan program yang sangat efektif dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa untuk bersosialisasi, mengembangkan koneksi, mendapat pengalaman baru tidak hanya akademik tapi juga secara sosial. Diharapkan kedepannya para lulusan program ini mampu memberikan kontribusi besar bagi Indonesia.

(https://www.youtube.com/watch?v=JO8O4RabdA8 )