Sebagai entrepreneur milenial pasti ada kebanggaan tersendiri saat produk yang kalian cipta dan kembangkan di Indonesia dapat menembus pasar Internasional. Dengan adanya dorongan era globalisasi dimana persaingan tidak hanya terjadi di dalam negeri namun di era ini entrepreneur diharusnya untuk ikut dalam bersaing di pasar Internasional, agar tidak tertinggal kalian wajib untuk tetap berinovasi. Namun banyak perusahaan yang masih belum siap masuk dalam persaingan karena kurangnya pemahaman menganai pasar Internasional, untuk menembus pasar Internasional tidaklah mudah, banyak factor yang harus di pelajari lebih teliti dan Entrepreneurpun harus berani untuk mengambil resiko yang lebih tinggi.

Namun kalian tidak perlu khawatir, berikut ini beberapa hal yang dapat membantu anda untuk masuk dalam pasar Intenasional yang ketat.

  1. Pahami Regulasi yang Berlaku

Pertama pahami regulasi – regulasi yang berlaku dalam perdagangan Internasional. Produk apa saja yang dapat dan tidak dapat dijual, bagaimana mekanisme transaksi dan distribusinya, dan juga jangan lupakan pajak yang berlaku. Jangan sampai barang yang anda jual tertahan bea cukai hanya karena anda tidak paham betul mengenai regulasinya.

  1. Riset Pasar yang Dituju

Dengan melakukan riset ini anda dapat lebih memahami apa yang sedang dibutuhkan oleh pasar, dan apakah produk anda sesuai dengan keinginan pasar yang dituju dilihat dari budayanya?, jika sudah tepat maka kesempatan dan daya saing anda dapat menjadi tinggi di pasar Internasional

  1. Meningkatkan Standard Kualitas Produk Anda

Produk local sering kali sulit diterima oleh pasr Internasional karena kualitasnya yang masih jauh dari standard yang mereka tentukan. Maka pastikan untuk selalu meningkatkan kualitas produk anda. Pasar Internasional pada umumnya lebih mementingkan kualitas produk dari pada harga, mereka rela mengeluarkan uang lebih jika produk yang mereka beli memiliki kualitas yang baik.

  1. Membuat Rencana Pemasaran

Rencana pemasaran pun harus di persiapkan dengan matang. Pikirkan strategi yang tepat untuk masuk dan keluar pasar, bagaimana cara mengatur keuangan yang baik dalam pasar Internasional. Jangan sampai salah strategi sehingga membuat bisnis yang berpotensi menjadi kurang menarik karena strategi pemasaran yang kurang kuat