Tahun 2021 masih menjadi tahun yang berat dan penuh tantangan bagi orang-orang di berbagai belahan dunia. Banyak dari mereka yang mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari akibat dari pandemi COVID-19. Tidak dipungkiri jumlah orang yang terpapar COVID-19 masih sangat tinggi pada beberapa negara di berbagai belahan dunia. Hal ini menjadi tantangan bagi negara-negara untuk menciptakan suatu inovasi atau terobasan baru dalam menghadapi pandemi ini. Berbagai penelitian pun diadakan untuk membantu masyarakat agar terhindar dari virus corona bahkan kematian, salah satu hal yang sudah tercipta dari penelitian tersebut adalah vaksin COVID-19.

Melihat situasi dan kondisi tersebut, memang masih diperlukan inovasi yang lebih baik dan berkelanjutan untuk umat manusia tanpa dipengaruhi oleh berbagai situasi, inovasi tersebut biasa disebut dengan Sustainable Innovation. Sustainable Innovation adalah penyedia energi berkelanjutan yang berguna untuk memenuhi kebutuhan saat ini tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhannya. Dalam menanggapi kebutuhan terhadap inovasi yang berkelanjutan serta meningkatkan kewaspadaan terhadap pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih terus meningkat dan menjadi tantangan bagi banyak negara

Maka, BINUS University kembali menggelar The 3rd International Conference on Biospheric Harmony Advanced Research (ICOBAR) 2021. ICOBAR yang diadakan ke-3 kalinya ini, diselenggerakan secara daring pada tanggal 24-25 Juni 2021. Dalam acara tersebut terdapat berbagai webinar, forum, booth, hingga pameran INACADE 2021. Salah satu forum yang diadakan oleh ICOBAR bertemakan What’s Next in Digital Healthcare Transformation? Menghadirkan beberapa pembicara yaitu Dr. Eng. Nico Surantha, S.T., M.T., Nunung Nurul Qomariyah, S.Kom, M.T. I., Ph.D., dan Masahiro Ide, Ph.D yang memaparkan materi dan solusi untuk membantu dunia lebih baik dalam segi kesehatan. Selain itu, booth yang terdapat pada ICOBAR 2021 pun sangat banyak, mulai dari booth Bank Sampah Indonesia, Perpustakan Digital, Meja Makan Pintar, dan lainnya.

Acara ICOBAR 2021 ini selaras dengan komitmen BINUS UNIVERSITY sebagai bentuk ucapan syukur dan terima kasih Dies Natalis ke 40, dimana BINUS University ingin memberikan kontribusi nyata dengan menciptakan inovasi berkelanjutan di tengah masa yang penuh tantangan seperti saat ini. Melalui acara ini juga merupakan salah satu wujud fostering dan empowering untuk menciptakan nusantara yang lebih baik serta memang sesuai dengan visi misi BINUS UNIVERSITY. Melalui acara ICOBAR ke 3 kali ini, diharapkan dapat melahirkan dan menciptakan inovasi-inovasi terbaik lainnya untuk mendukung dan membantu dunia menjadi lebih baik lagi, serta sebagai wujud nyata pengabdian kepada masyarakat dalam membangun lingkungan yang lebih aman dan nyaman.