Pada jaman modern seperti sekarang semua perkerjaan dibantu oleh sebuah perangkat lunak atau yang sering kita sebut software, berbagai macam software yang ada, terbagi menjadi beberapa segmen yang diperuntukan untuk berbagai macam jenis perkerjaan. Salah satu software yang ada hingga sekarang yaitu Computer Aided Design (CAD) yang secara garis besar software ini membantu kita untuk memvisualisasikan, meberi detail, mengoptimumkan dan merealisasikan dari desain yang kita buat. Untuk beberapa orang nama CAD mungkin terdengar asing, tapi apabila kita menyebutnya sebagai 3D software maka akan terdengar sangat lekat dengan masyarakat yang bergerak dalam bidan arsitektur, desain bahkan hingga dunia engineering.

Penggunaan SketchPad, 1962.

(sumber : google images)

Kembali pada tahun 1962 seorang scientist computer bernama Ivan Sutherland membuat CAD untuk pertama kali yang bernama “SketchPad”, yang pada awalnya CAD tersebut dibuat agar pengguna dapat menggambar pada layar yang tersedia dengan menggunakan sebuah pensil khusus, yang selanjutnya dapat di proses pada komputer dan proses ini menjadi permulaan CAD hingga sekarang. Meskipun pada awalnya “SketchPad” ini hanya sebuah area kerja bukan sebuah software akan tetapi memacu pada scientist computer lainnya untuk berinovasi lebih lanjut mengenai kepraktisan dalam pembuatan CAD.

Telah ada berbagai macam CAD pada saat ini yang di peruntukan untuk jenis pekerjaan yang berbeda beda akan tetapi tetap mengunakan computersebagi tempat kerja. Beberapa contoh jenis pekerjaan yang menggunakan CAD dan softwarenya.

• Arsitektur dan desain interior biasanya menggunakan software seperti ArchiCAD, Revit, Sketchup, dll, dikarenakan dalam pengerjaannya terdapat banyak element objek didalamnya, seperti dalam pembuatan sebuah rumah, di dalamnya terdapat objek seperti interior rumah tersebut, furniture, tanaman, pintu, jendela, dll.

• Desain produk menggunakan software seperti Fusion 360, Rhinoceros atau Solidwork. Pada bidang ini biasanya memfokuskan bukan hanya untuk memvisualisasikan sebuah object akan tetapi dapat juga agar untuk dimengerti bagaimana sebuah object itu berfungsi sebagaimana aslinya.

• Engineering mempunyai banyak sekali alternati untuk mengerjakan objeknya, akan tetapi pada bidang ini memfokuskan agar model yang dibuat dapat mencakup bidang infrastruktur, bangunan, jaringan telekomunikasi, thermodinamis, mekanisme kerja dari sebuah part, peralatan Kesehatan hingga manufacturing,

Apabila kita lihat dari berbagai jenis perkerjaan yang dapat diklakukan oleh CAD, sebenarnya kita bisa menggunakan software CAD secara bersamaan, tidak terpaku oleh satu software, karena perkembangan CAD sekarang menjadi sebuah software yang dapat multifungsi dari jenis perkerjaannya, perintah dalam software tersebut, hingga output yang dihasilkannya. Maka dari itu janganlah kita terpaku pada satu software saja, karna hingga saat ini belum ada software yang sempurna dalam pengerjaannya, maka kita lebih baik menggunakan software lain untuk melengkapinya.

Dikarenakan CAD pada sekarang merupakan sebuah software yang berada dalam sebuah komputer, maka ada beberapa element yang perlu diperhatikan dalam komputer itu sendiri, terutama pada bagian hardware komputer. Element yang perlu kita perhatikan yaitu:

1. Processor, merupakain bagian penting, apabila di ibaratkan processor merupakan bagaian otak dari sebuah computer. Pada sebuah processor terdapat beberapa bagian otak lainnya yang dinamakan “core”, semakin banyak core yang terdapat pada sebuah processor maka akan semakin cepat pula komputer berkerja, hal ini mengakibatkan apabila kita berkerja dengan banyak objek pada sebuah CAD maka computer tidak akan terbebani dan pekerjaan tidak akan terhambat.

2. Random Access Memory (RAM), merupakan sebuah memori yang membantu sebuah processor untuk berkerja semakin cepat. Semakin besar ram yang kita gunakan akan membuat pengguna dapat berkerja secara multi-tasking, seperti dalam satu pekerjaan kita melakukan 2 hal yang berbeda yaitu rendering dan modelling, maka computer akan berkerja secara baik dan tidak berat.

3. Graphics Processing Unit (GPU) atau kita juga sering menyebutnya VGA, bagian ini sangat penting apabila kita berkerja dengan mengutamakan visual, seperti contoh dalam pengerjaan rendering, semakjn tingga VGA yang kita gunakan akan semakin ceat juga proses untuk rendering. Sayangnya untuk bagian VGA saat ini harganya yang paling mencolok dari part lainnya.

Penulis: Riono Aulia Abdullah, dosen Desain Interior Binus @bandung