Oleh : Muhammad Maulana Ramadhan

Industri 4.0 dan AI (Artificial Intellegence) adalah dua kata yang berhubungan erat akhir-akhir ini. Industri 4.0 sendiri adalah fenomena otomasi di bidang industri yang melibatkan komputer, manusia, mesin dan sumber daya lainnya yang terintegrasi secara erat melalui jaringan komputer . Ai sendiri merupakan kecerdasan buatan yang dibuat oleh ahli komputer dalam rangka meniru perilaku serta pikiran manusia. Selain itu, AI merupakan salah satu pendorong utama dalam fenomena industri 4.0.

Dampak dari industri 4.0 serta AI adalah perubahan yang begitu masif dalam berbagai sektor industri, dimulai dari begitu cepatnya suatu perusahaan beradaptasi dengan perubahan pasar hingga otomasi mutakhir yang ada pada proses manufaktur barang di pabrik. Seperti revolusi-revolusi lainnya pada industri, industri 4.0 ini juga membawa dampak buruk bagi masyarakat yaitu hilangnya pekerjaan yang dulunya dibutuhkan di sector industri. Beberapa contoh pekerjaan yang akan sepenuhnya digantikan oleh AI adalah kurir,supir, pembantu rumah tangga,asisten pribadi serta pekerja gudang (CNN Indoneisa).

Dari pemaparan tersebut ada pertanyaan yang menarik, “Akankah peran semua manusia tergantikan oleh AI?”. Melihat kemajuan teknologi AI sendiri dan perkembangannnya dalam industri, maka bisa diperkirakan bahwa AI akan menggantikan peran manusia. Tetapi, beberapa sumber mengatakan bahwa AI sendiri tidak akan menggantikan seluruh peran manusia. AI hanya akan mengambil alih pekerjaan manusia yang lebih bersifat kasar, teratur, ritmis dan telah memiliki pakem di industri.  Sementara, AI tidak akan mampu mengambil alih sepenuhnya pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas.

Pada artikel ini kami akan menjelaskan dari segi teknologi khususnya ilmu komputer bahwa AI sendiri tidak akan menggantikan secara penuh pekerjaan-pekerjaan manusia terutama pekerjaan yang membutuhkan kreatifitas, expresi emosi, seni atau pekerjaan yang membutuhkan tindakan dan pola pikir yang diluar pola-pola yang ada. Semua aspek yang disebutkan tersebut berpusat pada satu kata yaitu kreatifitas. Kreatifitas menurut KBBI adalah kemampuan mencipta atau daya cipta seseorang. Lebih lengkapnya kreatifitas adalah kemampuan melakukan sesuatu baik itu menciptakan benda, bertindak,berpikir atau kegiatan lainnya di luar dari apa yang telah ada atau yang telah dipelajari. Kata-kata kunci yang perlu digarisbawahi disini adalah bertindak di diluar yang telah dipelajari. Karena kata-kata kunci ini erat kaitannya dengan konsep rancang bangun AI itu sendiri.