Brand Experience

Oleh: Ratna Amalia

Brand experience adalah pengalaman-pengalaman unik yang tidak terlupakan yang dialami oleh para pelanggan ketika menikmati produk atau jasa yang ditawarkan, dimana akumulasi dari pengalaman tersebut akan menciptakan kesan tersendiri dan diharapkan memiliki keunikan terkait brand di pikiran dan hati pelanggan. Hal itu akan membuat para pelanggan lebih mengingat brand dan menciptakan ikatan emosional antara produk dengan para pelanggan.

Brand Experience ini akan dialami oleh para pelanggan ketika mereka sedang menikmati atau menggunakan produk atau jasa tersebut dan semakin banyak panca indra pelanggan yang terlibat ketika sedang menikmati suatu produk atau jasa, semakin kuat pula ikatan emosional yang tercipta.

Manfaat memberikan brand experience kepada pelanggan

Brand experience unik yang dialami oleh panca indra para pelanggan ketika sedang menikmati produk atau jasa akan memberikan beberapa manfaat, di antaranya:

  1. Brand produk atau jasa menjadi terdiferensiasi dengan baik di tengah banyaknya brand dengan kategori bisnis yang sama dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
  2. Brand experience yang diberikan kepada para pelanggan akan memudahkan brand untuk menjual produk atau jasa mereka kepada para calon konsumen.
  3. Brand experience yang dialami oleh para pelanggan akan membuat suatu brand lebih mudah diingat dan menciptakan ikatan emosional antara brand dengan para pelanggannya.
  4. Akumulasi brand experience yang dialami oleh para pelanggan secara konsisten, akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap brand.

Brand experience and Packaging

Dari semua touchpoint (titik kontak) yang mungkin digunakan merek untuk melibatkan calon konsumen. Kemasan memainkan aturan yang unik. Perpaduan yang direncanakan dari bentuk struktur permukaan kemasan, bahan, elemen grafis, finishing (penyelesian akhir), dan interaksi, semuanya merupakan pertimbangan penting bagi marketer (pemasar), desainer, dan ahli strategi yang ditugaskan untuk memaparkan nilai-nilai merek. Fenomena branding berdampak signifikan terhadap ekspektasi dan tujuan dari suatu produk. Dahulu pengenalan produk kepada konsumen sangat sederhana. Kemasan hanya sekadar melindungi produk dan memfasilitasi pengangkutannya dari toko ke rumah. Persaingan semakin sengit dimana mereka membutuhkan diferensiasi untuk memperkenalkan mereknya. Seiring waktu, menjadi semakin sulit dan mahal untuk mengembangkan produk yang benar-benar unik. Akibatnya produk dan perluasannya membutuhkan kemasan. Saat ini kemasan adalah cerita yang didalamnya terdapat narasi yang disampaikan kepada konsumen. Hal ini menyebabkan kemasan lebih dari sekedar wadah yang dihiasi grafis. Kemasan adalah pesan, media, dan percakapan antara pembeli dan penjual (Ambrose 2011)

Kesenangan dalam membuka kemasan (unboxing)

Setiap orang sangat mengetahui bagaimana kecerian sesorang pada saat kembali ke rumah untuk melihat paket yang sudah ditunggu. Walaupun kita mengetahui apa yang akan didapatkan. Tetap saja ada semangat pada saat membuka paket. Dalam kegiatan membuka paket bisa membangun kesenangan dan kenikmatan tersendiri.

Sentuhan yang personal yang tidak terlupakan dari pengalaman pada saat membuka paket bisa memberikan pengalaman yang sangat berharga pada konsumen dan membangun koversi atau bisa dikatakan perubahan dari suatu bentuk ke bentuk lain. Misalnya dari pengalaman menjadi kesetiaan pada merek. Dengan memberikan pengalaman unik untuk konsumen pada saat membuka kemasan, biarkan konsumen mengetahui bahwa produsen bukan hanya peduli tentang mengiriman produk tapi juga berusaha untuk memastikan konsumen menerima produk dengan pengalaman yang terbaik hingga akhir.

Sumber: https://thegood.com/insights/custom-packaging-brand-experience/

Referensi daring

 

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/brand-experience-untuk-menang-persaingan-pasar

https://www.researchgate.net/publication/329944772_Effective_branded_packaging_for_a_tangible_brand_experience

https://thegood.com/insights/custom-packaging-brand-experience/

https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/brand-experience-untuk-menang-persaingan-pasar