Tokoh desain: Dieter Rams, desainer legendaris yang menginspirasi Apple

oleh : Satria Nurzaman

Hari ini siapa yang tidak mengenal Apple, perusahaan raksasa teknologi asal California, yang didirikan oleh Steve Job dan Steve Wozniak yang hingga kini memimpin pasar produk elektronik seperti komputer dan handphone di dunia. Apple tidak hanya memiliki keindahan dalam bentuk fisiknya namun estetika dalam produk-produk Apple terasa hadir didalam fitur-fitur intangible yang disajikannya antara produk dan penggunanya.

Nama Jonathan Ive yang muncul selaku Wakil Presiden Senior Desain di Apple jelas memberi pengaruh besar dalam memimpin departemen desain untuk menciptakan produk seperti iPod, iPhone, MacBook, iMac, dan lain sebagainya. Tapi siapakah sosok yang menginspirasi Ive dan Jobs dalam menciptakan produk-produk Apple? sosok tersebut adalah Dieter Rams.

Gambar: Potret diri Dieter Rams

Dalam dunia desain siapa yang tidak mengenal Dieter Rams desainer kelahiran 1932 Wiesbaden, Germany. Rams mengenyam pendidikan arsitektur di Wiesbaden School of Art tahun 1947, dan memulai karirnya bergabung dengan perusahan desain industri Braun namun sebagai desainer interior, yang kemudian dengan kepiawaiannya Braun memberinya peran sebagai kepala desain dari tahun 1961 hingga 1995.

Nama Dieter Rams akhirnya selalu terkait erat dengan perusahaan desain Braun dan furniture Vitsœ. Pendekatan dan prinsip yang humble pada desain “Less, but better” menghasilkan kualitas produk yang tak lekang oleh waktu dan telah mempengaruhi serta menginspirasi dalam berbagai hal, Rams bahkan masuk dalam salah satu perancang industri paling berpengaruh di akhir abad ke-20 dengan mendefinisikan bahasa visual yang elegan, terbaca, namun tegas untuk produknya.

Gambar: Karya dan buku dari Dieter rams, dari kiri ke kanan, (1. Braun RT 20 | 2. Braun T1000 radio | 3. Braun KF 21 Aromaster | 4. Braun HI-FI: L 450 speakers, TS 45 control unit, TG 60 tape recorder | 5. Braun SK 5 Phonosuper Radiogram | 6. Buku Less is More | 7. Braun Portable Transistor Radio Phonograph TP1 | 8. Buku Dieter Rams: As Little Design as Possible | 9. Braun ET 66 Calculator)
Dieter Rams dan karyanya menginspirasi Jonathan Ive dalam merancang produk salah satu yang paling populer adalah iPod generasi pertama tahun 2001 terinspirasi dari desain Braun T3 Radio yang di produksi tahun 1959 hampir 4 dekade yang lalu, Selain iPod masih ada produk Apple lain seperti iMac dan powerMac yang juga terinspirasi dari karya Rams.

Gambar: kiri ke kanan, Braun Ratio T3 (1959) dan iPod (2003)

Dieter Rams mengekstrak filosofi desainnya ke dalam sepuluh prinsip:

“1. Good design is innovative. 2.Good design makes a product useful. 3. Good design is aesthetic. 4. Good design makes a product understandable. 5. Good design is honest. 6. Good design is unobtrusive. 7. Good design is long-lasting. 8. Good design is thorough down to the last detail. 9. Good design is environmentally friendly. And of course, 10. good design is as little design as possible.”

Prinsip Dieter Rams masih sangat relevan dan banyak diterapkan oleh para desainer hingga hari ini.

Sources:
https://designmuseum.org/designers/dieter-rams
https://www.lifeofanarchitect.com/who-is-dieter-rams/