Persepsi Remaja Korea dan Indonesia terhadap Emoji Kakaotalk

Oleh Ratna Amalia

 

Penggunaan aplikasi untuk berkomunikasi sudah menjadi kebutuhan di masa sekarang karena kemajuan teknologi, kebutuhan akan kecepatan dalam mendapatkan informasi dan jejaring sosial. Salah satu aplikasi yang tersedia adalah Kakaotalk. Pendiri Kakaotalk merupakan mantan CEO NHN Corporation bernama Beom Soo Kim. Aplikasi ini dirilis pada tanggal 18 Maret 2010 oleh Kakao Corp. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam aplikasi ini diantaranya membagikan foto, video, melakukan panggilan suara, panggilan dengan video, dan juga berkomunikasi menggunakan emoji.  Artikel kali ini merupakan pembahasan mengenai persepsi remaja Korea dan Indonesia terhadap emoji Kakaotalk yang paling sering mereka gunakan.  Ternyata remaja Indonesia juga banyak yang menggunakan aplikasi ini salah satu penyebabnya adalah kesukaan mereka terhadap musik, drama dan artis dari Korea.

 

Terdapat 116 emoji standar yang biasa muncul pada Kakaotalk. Dari 116 emoji tersebut dipilih dua buah emoji yang paling sering dipakai oleh remaja Korea dan Indonesia. Responden kali ini berjumlah lima orang yang terdiri dari tiga orang yang berasal dari Korea dan dua orang berasal dari Indonesia. Umur mereka berkisar 12-13 tahun. Berikut ini emoji yang paling sering dipakai beserta penjelasannya.

 

No Emoji Persepsi Penyebab
1. Marah Ketidaksukaan melihat PR yang banyak.
Takut Takut tidak bisa mengerjakan tugas yang banyak sehingga membuat guru marah.
2. Marah Terlalu banyak tugas yang didapatkan, bosan di kelas atau marah kepada teman.
Senang Memperlihatkan kesenangan kepada temannya saat dia bisa bermain game.
3. Uang Digunakan sebagai bahan bercanda agar Ibunya mau memberikan uang.
Rokok Sering dikirimkan kepada Ayahnya untuk mengingatkan agar berhenti merokok.

Tabel 1 Persepsi Remeja Korea terhadap Emoji Kakaotalk

 

No Emoji Persepsi Penyebab
1. Setuju Setuju dengan apa yang disampaikan temannya.
Gemas Jika ada teman yang tidak bisa menjawab pertanyaannya.
2. Lucu Melihat sesuatu yang dirasa ada yang lucu.
Kesal Merasa dongkol kepada temannya.

Tabel 2 Persepsi Remeja Indonesia terhadap Emoji Kakaotalk

 

Secara visual, karakter yang dipilih sangat beragam. Jika dilihat dari ekspresi, mayoritas yang mewakili amarah terlihat dari bentuk mata yang kecil, melebar ke samping, dan mengangkat ke atas. Sedangkan untuk ekspresi yang cenderung memperlihatkan kegembiraan ditandai dengan mata yang membelalak dan mulut yang terbuka lebar.

 

Para remaja ini memiliki visual favoritnya sendiri yang mewakili emoji dalam menggambarkan perasaan mereka. Terlihat dari hasil, semua tidak memiliki kesaamaan. Mayoritas ekspresi yang dipilih menggambarkan amarah dan kesenangan. Emoji-emoji ini lebih banyak dikirimkan untuk teman mereka dibandingkan kepada orangtua atau keluarga. Hal ini disebabkan karena mereka lebih merasa bebas dalam mengekspresikan perasaan kepada teman dibandingkan keluarga.