Oleh = Mochammad Haldi Widianto

Berawal dari literasi atau yang biasa disebut passion (cinta) dan hobby (kegemaran) di bidang menulis, banyak orang menciptakan karya yang tidak bisa dianggap hebat oleh orang lain. Apalagi untuk penulis lain, Bangga saja tidak cukup. Hal inilah yang menjadi motivasi untuk mencari media yang dapat menampung berbagai bentuk karya sastra untuk diterbitkan dan diapresiasi oleh banyak orang, namun tidak hanya itu, tetapi juga membutuhkan nasehat, kritik bahkan saran.

Bentuk karya penerbitan khususnya di bidang literasi, berbagai bentuk makalah yang diterbitkan berdasarkan hasil tersebut menggunakan software atau aplikasi penulisan yang disebut Tinlit.

Tinlit adalah media literasi digital berbasis mobile web yang digunakan penulis muda untuk mengekspresikan karyanya dalam berbagai jenis esai, esai ini didominasi oleh fiksi, dan ada juga karya non fiksi yang memiliki tampilan unik dan menarik perhatian publik. Banyak hal yang bisa dilakukan di aplikasi Tinlit, seperti bebas menulis novel, cerpen, puisi, ucapan, kutipan terkenal, artikel, berita, jurnal dan artikel lainnya tanpa melanggar etika yang berlaku..

Tinlit sendiri cenderung bersifat aplikasi berbasis mobile web. Aplikasi berbasis mobile web umumnya adalah tampilan aplikasi web dalam bentuk mobile. Jadi, untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna cukup mengakses web browser di perangkat smartphone.

Aplikasi TinLit berbasis mobile literacy merupakan media, alat, fasilitas atau tempat dimana masyarakat dapat berpartisipasi dalam kegiatan pengembangan, serta kemampuan individu untuk mengolah dan memahami informasi ketika membaca dan menulis hal-hal yang dapat dilakukan melalui jaringan komputer yang terhubung ke media elektronik, seperti ponsel, komputer, laptop atau tablet, untuk berkomunikasi dengan orang lain, dan media transmisi memiliki protokol kontrol transmisi sebagai Standar sistem yang komprehensif (Global). Inilah yang disebut Internet.

Tinlit.com

Tinlit merupakan aplikasi berbasis mobile digital platform menulis dengan misi mendorong minat membaca dan menulis generasi muda. Tidak hanya sekedar menghasilkan penulis-penulis muda yang profesional, Tinlit yang didirikan mulai tahun 2015 juga berkeiinginan meningkatkan standar literasi nasional dengan ketertarikan kawula muda terhadap segala hal yang berhubungan dengan literasi selain itu Tinlit menghubungkan penulis dan editor di seluruh dunia. Founder Tinlit bernama Dhira Vidhea.

Gambar 1. Logo Official Tinlit.

 

Referensi :

NANI SARAH HAPSARI, “ANALISIS USABILITY DAN TASK TERHADAP APLIKASI BERBASIS MOBILE LITERASI TINLIT”, PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA, FAKULTAS TEKNIK, UN