(Roadmap to Happy City, Charles Montgomery,  

sumber : https://medium.com/munkurbanpolicy/review-happy-city-e0551bf71630

Bagaimana cara menciptakan Happy City atau kota yang bahagia? Tentu setiap orang akan  memiliki jawabannya masing-masing, terutama para perancang dan perencana kota. Beberapa  arsitek menjawab bahwa ini semua tentang estetika. Beberapa insinyur lalu lintas mengatakan  ini tentang tingkat layanan – yaitu, seberapa efisien mereka dapat menggerakkan mobil. Arsitek  lanskap membahas secara puitis tentang alam. Dan ketika mereka semua mulai berdebat dan  saling melempar barang, kami meminta mereka untuk menarik napas dalam-dalam, menekan  jeda, dan memulai percakapan lagi. 

Karena langkah pertama dalam merencanakan kota yang lebih bahagia tidak ada hubungannya  dengan desain. Ini tidak ada hubungannya dengan bangunan atau jalan atau pohon atau sepeda.  Langkah pertama adalah bersepakat tentang hal-hal apa yang penting untuk mencapai  kesejahteraan. Pertama kita perlu mencari tahu apa yang ingin kita capai, kemudian kita akan  siap untuk melihat bukti yang menghubungkan desain dan sistem dengan emosi, perilaku, dan  kesehatan manusia. 

Aspek-aspek kota yang bahagia  

1) Kesejahteraan subyektif: adalah jumlah penilaian orang tentang keadaan kebahagiaan  mereka sendiri, baik dalam momen tertentu, atau dengan kehidupan mereka. Pengamat kebahagiaan menyukai ukuran ini, karena mereka dapat menggunakannya dalam survei 

terhadap ratusan ribu orang, dan menghubungkan hasilnya dengan kondisi sosial dan  lingkungan. 

2) Kesejahteraan psikologis: Ini adalah penggambaran tentang sejauh mana orang menjalani  potensi penuh mereka, menggunakan keterampilan dan perasaan mereka seolah-olah  mereka berhasil. Psikolog Carol Ryff menggunakan istilah “pertumbuhan yang menantang”  untuk menggambarkan keadaan ideal. Ini tidak sama dengan perasaan ceria atau puas, tetapi  dikaitkan dengan kesehatan dan produktivitas yang baik. 

3) Tahun hidup sehat: Kebanyakan orang mengatakan mereka ingin menikmati umur panjang.  Tetapi umur yang lebih panjang jelas lebih bahagia jika kita menikmati kesehatan mental dan  fisik yang baik sampai hari kematian kita. Ternyata harapan hidup sehat adalah prediktor kuat  kebahagiaan di antara bangsa-bangsa. 

Elemen dari kesejahteraan pada kota yang bahagia 

  1. Kebutuhan inti / core needs 

Tidak ada hal yang dapat menggantikan kebutuhan dasar orang akan makanan, air, tempat  tinggal, sanitasi, dan keamanan. Pada suatu ketika diadakan survei pada penduduk di Mexico  City untuk mempelajari apa yang mereka inginkan dari taman mereka. Ditemukan bahwa keinginan mereka yang paling utama adalah mendapatkan rasa aman. 

Namun saat bekerja untuk memenuhi kebutuhan dasar, hal lain yang perlu diperhatikan adalah bidang kesejahteraan lainnya. Misalnya, hal paling berbahaya tentang hari di taman di Mexico  City adalah menyeberangi jalan mematikan di sekitar taman kota. Dengan membuat jalan  tersebut lebih aman dan lebih lambat, kota juga dapat memelihara perilaku yang lebih sehat  seperti berjalan kaki dan bersepeda.

  1. Hubungan sosial 

Setelah kebutuhan inti terpenuhi, hubungan sosial adalah pendorong kesehatan dan  kesejahteraan yang paling kuat – di kota dan lintas negara. Sementara kesenangan yang kita  alami setelah membeli mobil atau rumah baru hilang dengan cepat, kepuasan yang datang  dengan ikatan sosial bertahan lama. Orang dengan hubungan yang kuat dan positif lebih bahagia.  Mereka lebih sehat. Mereka lebih produktif dalam bekerja. Mereka hidup rata-rata 15 tahun lebih  lama daripada orang yang terisolasi secara sosial. 

Kekuatan kepercayaan sosial melampaui hubungan dengan keluarga dan teman dekat: Bahkan  pertemuan yang dangkal di depan umum dapat membangkitkan semangat orang-orang seperti  halnya waktu bersama teman dekat. Kami berbicara tentang melakukan kontak mata dengan  orang yang lewat, menyapa tetangga, mengobrol dengan tukang daging lokal, atau meminta  barista di kedai kopi lokal mengenal nama Anda. Pertemuan yang tampaknya dangkal ini  sebenarnya berkorelasi dengan pertumbuhan ekonomi, kreativitas, dan kebahagiaan. 

Sayangnya, kesepian dan keterputusan sosial mencapai tingkat epidemi di banyak negara. Tidak  jelas bagi banyak orang bahwa solusi untuk isolasi ada dalam rancangan fisik komunitas kita.  Tetapi bukti menunjukkan bahwa itu penting. Merancang jalan, ruang publik, dan perumahan  untuk bersosialisasi dapat membantu kita semua terhubung kembali. 

  1. Kesehatan 

Kesehatan fisik merupakan elemen penting dari kesejahteraan manusia. Menariknya, penilaian  orang tentang kesehatan mereka sendiri adalah memprediksi kepuasan hidup yang lebih baik  daripada penilaian objektif dokter tentang kesehatan fisik mereka yang sebenarnya. Dengan kata  lain, merasa sehat sama pentingnya dengan kebahagiaan sama pentingnya dengan menjadi  sehat. 

Desain perkotaan secara langsung memengaruhi hasil dan perasaan kesehatan orang-orang  dengan menengahi keterpaparan kita terhadap risiko, polutan, dan bahaya fisik. Tapi itu juga  membawa kita pada penyakit atau kesehatan dengan mendorong kita ke bentuk mobilitas yang  lebih aktif atau pasif, dan dengan menengahi frekuensi dan kualitas interaksi sosial kita. 

Sayangnya, banyak rancangan komunitas akhir-akhir ini membuat perilaku tidak sehat – gaya  hidup menetap, makan makanan tidak sehat, dan menghabiskan waktu sendirian – menjadi  default atau hal yang menjadi bawaan dasar. Desain yang lebih baik membantu mengubah orang  kembali ke gaya hidup yang lebih sehat, mencegah banyak penyebab utama penyakit dan  kematian saat ini, termasuk diabetes, stroke, serangan jantung, penyakit ginjal, dan banyak  kanker. 

Perilaku yang lebih sehat juga merupakan perilaku yang lebih bahagia. Survei menunjukkan  bahwa orang yang bepergian dengan berjalan kaki dan bersepeda mengalami lebih banyak  kegembiraan dan lebih sedikit kesedihan, ketakutan, dan amarah daripada pengemudi mobil. 

  1. Kesetaraan dan status relatif 

Kesetaraan dan masalah inklusi sosial untuk kesejahteraan masyarakat. Semakin semua orang  diberdayakan untuk berpartisipasi dalam kehidupan ekonomi dan budaya, semakin kuat kita  semua. Penelitian telah menemukan bahwa masyarakat dengan kesenjangan sempit antara kaya  dan miskin lebih bahagia dan lebih sehat daripada masyarakat yang kurang setara. Jadi, 

meskipun dorongan untuk lebih banyak kesetaraan di kota memiliki dasar etika, hal itu juga  memiliki manfaat pragmatis bagi orang-orang dari semua kelas sosial. 

Penting juga untuk mengetahui bahwa perbedaan status memiliki efek psikologis yang kuat.  Individu berstatus tinggi lebih sehat dan hidup lebih lama daripada mereka yang berstatus rendah,  bahkan ketika mereka menerima perawatan kesehatan yang sama. Sebagai contoh di negara Korea Selatan, negara kaya dan maju, yang masa mudanya termasuk yang paling tidak bahagia  di dunia – terutama karena ketidaksetaraan pendapatan dan tekanan masyarakat untuk sukses.  Hipertensi, kolesterol tinggi dan lebih sering sakit semua menyertai status rendah. Status rendah  seperti berdiri di pancuran hormon stres setiap hari. 

Meskipun kota mungkin tidak dapat sepenuhnya menyembuhkan semua ketidaksetaraan  masyarakat, cara kita merancang dan mengelola tempat-tempat perkotaan merupakan inti dari  setiap upaya untuk mengurangi kemiskinan dan melibatkan semua orang dalam kehidupan sosial  dan ekonomi kota. 

  1. Kemudahan 

Orang yang merasa mampu menavigasi dan berkembang di tengah tantangan sehari-hari lebih  bahagia dan lebih tahan terhadap penyakit. Mereka hidup lebih lama. Mereka lebih produktif.  Mereka merasa baik. Inilah kondisi yang oleh para psikolog disebut penguasaan. Beberapa orang  lebih cenderung ke keadaan sehat ini. Tetapi desain, tempat, dan sistem perkotaan dapat  meningkatkan atau merusak kemampuan ini untuk mengatasi tantangan sehari-hari – bepergian,  mencari jalan, bersosialisasi, atau bekerja – dengan membuatnya lebih mudah atau lebih sulit.  Siapa pun yang terjebak mengemudi dalam lalu lintas yang brutal (situasi yang menghasilkan  respons stres yang sama seperti menerbangkan jet tempur dalam pertempuran) mengetahui hal  ini dengan sangat baik. 

Tempat yang dirancang dengan baik memberi orang rasa kemudahan dan kebebasan. Alih-alih  membuat kita merasa mandek atau frustrasi, mereka memberdayakan kita untuk bergerak  sesuka kita. Desain cerdas memenuhi kebutuhan dasar kita akan kenyamanan, jadi kita tidak  stres dan tidak yakin tentang masa depan kita yang akan datang. Yang terpenting, ini  memprioritaskan bentuk transportasi yang efisien, yang membawa manfaat – lebih banyak waktu,  lebih sedikit kejengkelan – bagi semua orang 

  1. Sukacita 

Ruang dan sistem kota memiliki pengaruh yang jelas dan langsung terhadap perasaan kita setiap  hari. Mereka memberikan kesenangan dan rasa sakit, dan menghasilkan efek kesejahteraan  yang bertahan jauh melampaui saat itu. Kebahagiaan kebanyakan orang ditentukan tidak hanya  oleh apa yang mereka alami saat ini, tetapi oleh ingatan akan pengalaman baik dan buruk  sebelumnya. Bayangkan saja kunjungan menyakitkan ke dokter gigi, dan tanyakan pada diri  sendiri seberapa ingin Anda kembali. 

Kenangan positif adalah dasar dari perasaan terikat pada suatu tempat. Mereka mendorong  orang untuk kembali bekerja, berbelanja dan bermain, dan mereka meningkatkan aktivitas  ekonomi dan hubungan sosial. Jadi upaya untuk memelihara kegembiraan dan kepuasan dalam  pengalaman perkotaan kita dan menghilangkan rasa sakit dan frustrasi, bukanlah hal yang  dangkal. Mereka sangat penting untuk keberhasilan lingkungan dan kota yang bagus.

7 & 8. Arti dan kepemilikan 

Kesejahteraan psikologis lebih dari sekadar kepuasan atau kesenangan. Ini melibatkan perasaan  bahwa hidup kita penting, bahwa apa yang kita lakukan memiliki makna, dan bahwa kita memiliki  kemampuan untuk mengubah dunia kita. Ini juga mencakup keyakinan bahwa hubungan kita  dengan orang lain itu positif dan berdampak. 

Orang yang merasakan makna dan rasa memiliki dalam hidupnya lebih sehat, lebih produktif,  dan hidup lebih lama. Paling umum, kebermaknaan datang melalui hubungan kita dengan orang  lain dan tempat yang kita pedulikan. Orang-orang yang bekerja bersama di kebun komunitas,  misalnya, melaporkan bahwa mereka merasakan kepedulian yang lebih dalam terhadap  komunitas mereka. Dan perasaan itu, kata psikolog, berkontribusi pada kepercayaan dan  kebahagiaan sosial yang lebih besar. 

Dengan memupuk rasa memiliki dan makna yang lebih dalam, kami juga menciptakan rasa  loyalitas dan keterikatan yang lebih besar pada pemberi kerja dan bisnis lokal. Seringkali itu  berarti memberi lebih banyak orang peran dalam membantu membentuk desain dan kehidupan  komunitas mereka 

  1. Ketahanan 

Orang yang tangguh memiliki sumber daya, pengetahuan, fleksibilitas, dan sarana untuk  mempertahankan kesejahteraan mereka meskipun ada gangguan dalam kehidupan sehari-hari.  Tempat yang tangguh perlu melakukan hal yang sama. 

Kota kami adalah konsumen utama sumber daya yang langka dan penghasil utama gas rumah  kaca yang bertanggung jawab atas perubahan iklim yang cepat. Di sisi lain, kota dan  penduduknya diperkirakan akan mengalami dampak perubahan iklim yang membakar, dari  gelombang panas yang mematikan dan badai yang melanda hingga migrasi dan guncangan  ekonomi. 

Sistem yang tangguh membantu masyarakat untuk beradaptasi, merespons, memulihkan, dan  berkembang dalam menghadapi perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Itu mungkin berarti  pengelolaan air hujan yang lebih baik, atau sistem pangan lokal. Tetapi di dunia yang saling  berhubungan, ketahanan otentik berarti mempertimbangkan kesejahteraan semua orang yang  terpengaruh oleh tindakan kita. Karbon yang kita bakar yang hidup di hamparan Amerika Utara  berkontribusi pada banjir di dataran rendah pesisir saat ini, dan di masa depan. Ini perlu menjadi  bagian dari kalkulus ketahanan kami. 

Cities should make us happy by fostering emotionally intelligent design and creating closely  connected by communities , with the benefit shared by everyone 

– Charles Montgomery-

Referensi  

  1. https://www.open.edu/openlearn/ocw/mod/oucontent/view.php?id=67886&section=2https:// www.undp.org/content/dam/undp/library/capacity 

development/English/Singapore%20Centre/GPCSE_Design%20Thinking.pdf 2. https://thehappycity.com/wp-content/uploads/2015/05/Connected-World-Essay Montgomery-copy.pdf 

  1. https://prezi.com/p/v0ldraiyrc8d/happy-city/

Penulis : Mila A Savitri 

(Faculty Member of Interior Design Binu Nusantara University, Bandung)