DAYA TARIK TELEVISI

Episode 2

 

Televisi mempunyai daya tarik yang kuat. Jika radio mempunyai daya tarik yang kuat disebabkan unsur kata-kata, musik dan sound effect, maka TV selain ketiga unsur tersebut juga memiliki unsur visual berupa gambar. Dan gambar ini bukan gambar mati, melainkan gambar hidup yang mampu menimbulkan kesan mendalam pada pemirsa. Daya tarik ini selain melebihi radio, juga melebihi film bioskop, sebab segalanya dapat dinikmati di rumah dengan aman dan nyaman. Selain itu, TV juga dapat menyajikan berbagai program lainnya yang cukup variatif dan menarik untuk dinikmati masyarakat.

 

 

 

Dampak Acara Televisi

Media televisi sebagaimana media massa lainnya berperan sebagai alat informasi, hiburan, kontrol sosial, dan penghubung wilayah secara Strategis. Bersamaan dengan jalannya proses penyampaian isi pesan media televisi kepada pemirsa, maka isi pesan itu juga akan di interpretasikan secara berbeda-beda menurut visi pemirsa. Serta dampak yang ditimbulkan juga beraneka ragam. Hal ini terjadi karena tingkat pemahaman dan kebutuhan pemirsa terhadap isi pesan acara televisi berkaitan erat dengan status sosial ekonomi serta situasi dan kondisi pemirsa pada saat menonton televisi. Dengan demikian apa yang diasumsikan televisi sebagai suatu acara yang penting untuk disajikan bagi pemirsa, belum tentu penting bagi khalayak.

Ada tiga dampak yang ditimbulkan dari acara televisi terhadap pemirsa :

  1. Dampak kognitif yaitu kemampuan seseorang atau pemirsa untuk menyerap dan memahami acara yang ditayangkan televisi yang melahirkan pengetahuan bagi pemirsa.
  2. Dampak peniruan yaitu pemirsa di hadapkan pada trendiaktual yang di tayangkan televisi.
  3. Dampak perilaku yaitu proses tertanamnya nilai-nilai sosial budaya yang telah ditayangkanacara televisi yang diterapkan dalam kehidupan pemirsa sehari-hari.

Dari sisi positif, kita dapat mencari informasi secara mudah dengan bersosialisasi dengan orang lain walaupun terpisahkan dari jarak yang jauh. Pada jaman dulu sebelum era digital seperti saat ini, orang berkomunikasi  menggunakan surat, telegram, pager, sms untuk berhubungan jarak jauh. Dan,sekarang segala aktivitas semakin dimudahkan dengan perkembangan teknologi digital. Orang-orang sekarang menggunakan media sosial untuk sarana komunikasi dengan begitu mudahnya secara singkat dan cepat. karena manfaat positifnya bagi kehidupan seseorang, tak jarang satu keluarga memiliki beberapa media televisi untuk bersosialisasi dan update kabar terbaru.

Dampak negatif media televisi bagi penggunanya, banyak orang yang salah menggunakan informasi demi popularitas saja dan tidak memikirkan dampaknya untuk orang lain, tetapi media televisi lebih sedikit dampak negatifnya dari pada dampak media internet karena dari media intenet kita bisa mengakses situs apapun sebagian orang menyalah gunakan untuk hal kejahatan seperti penipuan dengan modus-modus tertentu.

 

DAFTAR PUSTAKA

Keuntungan Penggunaan Televisi (TV) sebagai Media Pembelajaran

http://celotehcelatah.blogspot.com/2017/01/tahapan-produksi-program-acara-televisi.html

https://www.kompasiana.com/rizkaaiskurniawanti/596db263900f993bd32f5df2/dampak-media-televisi-terhadap-kepribadian?page=all