Kreatif di Tengah Pandemi

Oleh : Ricky Pramudita Sumartono

 

Meski pandemi virus corona (Covid-19) menghantam semua lini, tidak menghilangkan semangat seniman untuk terus berkreasi, sehingga tetap produktif dan kreatif, tentu kita semua pun tetap dituntut berfikir kreatif dan menciptakan inovasi walaupun saat ini  walau dalam keadaan pandemi, Kreatif adalah sebuah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang tidak biasa dan berbeda dari biasanya serta menjadi sebuah solusi dari suatu masalah.

Kreatif merupakan cara seseorang untuk keluar dari jalur ketentuan yang ada. Orang kreatif akan menerobos aturan aturan yang ada untuk keluar dari zona aman yang tentu dalam konteks positif. Berbagai cara yang dilakukan dalam situasi saat ini berkarya dengan memanfaatkan media yang bisa dimanfaatkan diantaranya adalah media sosial, tentu saja media sosial yang pada saat ini dapat terus eksis

Saya menyoroti Seniman Amin Badai (43) dari kampung rumah kita saat melukis mural yang bertemakan kampanye melawan COVID-19 di kawasan Tanah Tinggi, Tangerang, Banten, Rabu (20/1/2021). Kampanye dalam bentuk mural melawan COVID-19 tersebut merupakan bagian dari edukasi bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap Virus COVID 19.

Sejarah seni mural sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan jika ditilik dari sejarah mural, mural sudah ada sejak 31.500 tahun yang lalu tepatnya pada masa prasejarah. Salah satu tujuan mural adalah menyampaikan pesan seperti kritikan atau pesan social tertentu dengan tujuan yang disampaikan secara luas

Dalam Desain Komunikasi visual otak kita dipaksa kembali untuk bisa menghancurkan kunci yang membuat kreativitas kita terkengkang, sehingga muncul ide – ide baru atau biasa ide fresh

Intinya untuk menciptakan ide kreatif itu adalah kamu melakukan sebuah pengubahan alur yang orang biasa lakukan dengan menyisipkan hal yang tidak biasa. Memang terlihat simpel namun harus terus dilatih dengan terus berfikir kreatif dan berbeda dan memiliki wawasan yang luas sehingga selalu update dengan hal – hal yang menarik untuk di angkat. Hal ini sangat penting karena merupakan peran utama untuk menciptakan karya apa-pun di dunia DKV.

Menurut saya dalam menghadapi Covid-19, kita memerlukan inovasi dan solusi kreatif yang lahir dari gagasan dan karya generasi muda sehingga banyak terciptanya karya baru dari kawula muda yang memilih untuk tetap berkarya dan bahkan menciptakan peluang serta trend baru di tengah pandemi Covid-19. Kita adalah generasi yang paham pentingnya menumbuhkan kreativitas yang konkret di tengah kekacauan yang terjadi.  Mengingat kaum muda menjadi kelompok masyarakat sipil yang memiliki jangkauan luas dan sumber daya potensial untuk mendorong hal-hal positif.

“Penting sekali untuk memiliki pikiran yang terbuka dan membangun kreativitas karena inilah yang akan dapat menyelamatkan kita dalam kehidupan.