Oleh Gandara Permana

 

Drone merupakan sarana atau media nirawak yang dipergunakan untuk keperluan dokumentasi, baik penggunaan utuk keperluanpublik, komersil atau pun non komersil, swasta maupun instansi pemerintah . Peranan drone saat ini sangat bermanfaat, drone masuk keberbagai sektor dimulai dari sektor industri, perhubungan, pemetaan, pemotretan prewedding atau wedding, untuk misi penyelamatan yang sulit dijangkau manusia seperti dilaut, jurang yang terjal bahkan jalur lahar panas bahkan untuk kepentingan militer.

Drone pada perkembangannya juga memerlukan pemahaman yang mendalam juga disertai dengan penggunaan teknologi, ehingga fungsi kerja drone dapat dimaksimalkan juga tidak merugikan berbagai pihak. Untuk mengoperasikan drone pengguna atau drone pilot harus memahami cara kerja, prosedur keamanan (safety procedure).

Kemampuan drone juga istimewa, dengan kualitas dan teknologi yang baik dari setiap drone maka kebutuhan fotografi atau videografi akan terpenuhi. Sekarang fotografer atau videografer tidak perlu lagi membuang waktu dalam berkarya, drone dapat dikendalikan dari jarak jauh dengan menggunakan remote control ataupun aplikasi smartphone. Tidak dipungkiri lagi drone memberikan sebuah perspektif baru dan berbeda dalam dunia fotografi atau videografi, terutama untuk mendapatkan foto panorama atau sudut pandang dari ketinggian, hasil yang didapat pun memberikan corak kreativitas yang out of the box.

Sumber: https://www.idntimes.com/tech/gadget/nena-zakiah-1/fungsi-drone-selain-untuk-fotografi-udara/7

 

Sumber: https://liupurnomo.com/category/pemetaan/