DESIGN DAY BINUS BANDUNG 2020

Oleh Ratna Amalia

 

Design Day 2020 telah usai diadakan pada tanggal 12 Desember 2020. Design Day adalah acara yang diinisiasi oleh marketing Binus Bandung yang bekerjasama dengan program studi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior untuk menarik antusiasme siswa-siswi SMA yang ada di Bandung. Tema Design Day tahun ini adalah Unstoppable Creativity yang memiliki makna bahwa semua orang pada umumnya dan siswa-siswi SMA pada khususnya diharapkan untuk terus mengasah kreativitasnya dengan berkarya dan melakukan hal-hal positif.

Detail acara yang ada dalam Design Day diantaranya Design Journey, Trial Class (Mystery Box), Design Talk, Exhibition, Entertainment, Scholarship, dan Doorprize. Acara dimulai pk 09.30 dengan pembukaan yaitu virtual tour kampus Binus Bandung. Siswa-siswi diajak mengetahui isi/ruang apa saja yang ada di dalam gedung Binus Bandung dan fasilitas-fasilitas yang dimiliki khususnya oleh prodi Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior. Setelah tur kampus selesai, lalu dilanjutkan sesi Design Journey yaitu penjelasan mengenai kedua program studi desain dan kegiatan yang pernah dijalani dari sisi akademis serta non akademis seperti kegiatan himpunan. Kedua prodi desain ini ingin memperlihatkan bahwa belajar di Binus Bandung sangat menyenangkan karena kreatifitas harus senantiasa hadir. Kreatifitas bisa hadir salah satunya dengan “bermain”.

Setelah sesi penjelasan setiap prodi kemudian dilanjutkan dengan break room yaitu membagi 2 ruang Zoom untuk penjelasan Trial Class masing-masing prodi. Hal ini diperlukan karena setiap prodi memiliki proyek trial class masing-masing. Box misteri yang diberikan marketing dikirim ke rumah tiap peserta. Untuk prodi DKV memiliki 2 proyek yang berbeda oleh karena itu siswa tidak mengetahui box mana yang akan dia terima. Bagi mereka yang berkreasi dengan sangat kreatif maka akan mendapatkan hadiah.

Design talk diisi oleh narasumber-narasumber yang menarik dan tentu saja memaparkan materi yang bermanfaat bagi siswa-siswi SMA. Acara dilanjutkan dengan exhibition dan entertainment lalu penjelasan mengenai beasiswa. Binus selalu memberikan beasiswa bagi siswa-siswi berprestasi maka sangat tebuka kesempatan bagi mereka yang ingin menimba ilmu di Binus Bandung melalui jalur ini. Acara Design Day ditutup dengan pemberian doorprize bagi para peserta acara. Banyak dari mereka sangat senang dengan diadakannya acara ini. Mereka ingin melihat langsung kampusnya dan meresakan fasilitas yang dimiliki Binus Bandung, selain itu para peserta juga tertarik dengan prodi Desain Binus Bandung dan ingin berkuliah di sana.