Oleh: Rr Ratna Amalia

 

Warna dan identitas menjadi satu kesatuan karena warna berhubungan dengan pribadi pemakai. Baik itu dipakaikan pada manusia atau pada merek. Warna bisa membawa kita memahami karakter ruang, membawa kita pada tempat tujuan, dan warna bisa membuat kita membeli suatu barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Semua hal ini akan dibahas dalam kajian Warna dan Identitas.

Terlihat contoh di atas terdiri dari kamar dengan warna biru yang bisa membuat penghuninya merasa tenang dan juga ruang kelas yang terlihat ceria dengan berbagai warna yang dihadirkan. Bagian bawah kiri merupakan penerapan warna pada wayfinding yang setiap daerah/bagiannya memiliki warna yang berbeda-beda tujuannya untuk mengarahkan kita pada tempat yang dituju. Sedangkan di kanan bawah merupakan rak di sudut supermarket yang bisa merayu konsumen untuk membeli produk mereka. Warna-warna pada kemasan itu berbicara sendiri tanpa harus menghadirkan seorang sales. Warna-warna  pada contoh tersebut memiliki identitas dengan tujuannya masing-masing.

 

Desainer sangat penting mempelajari hal ini karena warna dan identitas memiliki efek yang sangat besar terhadap pemahaman dan konsep desain.

Dalam praktiknya mahasiswa desain komunikasi visual akan belajar mendesain ulang sebuah merek atau membuat mereknya sendiri dengan warna yang sesuai dengan karakter. Di samping itu mahasiswa juga membuat desain informasi dan wayfinding yang cocok dengan ruang atau lingkungan sekitar.

Identitas Merek

Dalam sebuah penelitian berjudul “Impact of color on marketing,” peneliti menemukan bahwa sampai 90% penilaian yang cepat dibuat oleh konsumen mengenai produk didasarkan pada warna saja. Hal ini membuktikan bahwa warna sangat berdampak besar pada identitas merek.

Desainer harus sangat memahami karakter sebuah merek sehingga bisa menentukan dengan tepat warna yang sesuai dengan produk tersebut.

Dari gambar di atas terlihat bahwa setiap merek memiliki identitas warnanya masing-masing. Mulai dari warna yang bersifat optimis, ramah, bersemangat, sampai dengan keseimbangan.