Setiap bisnis yang dijlankan penting untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan target marketnya. Salah satu strategi yang penting bagi UMKM adalah Strategi pemasaran, hal ini memiliki peranan yang penting karena keberlangsungan bisnis dari UMKM sangat tergantung dari cashflow yang positif dari UMKM tersebut. Berikut ini adalah beberapa  tips strategi pemasaran produk terbaik dan sesuai dengan skala UMKM

  1. Memasarkan Produk yang Menarik dan Memiliki Value.

Value dalam suatu bisnis itu penting, karena hal itu akan menjadikan usaha yang kita jalankan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan produk sejenis dan pesaing, baik itu pesaing langsung ataupun produk substitusi. Selain itu, kita harus membuat tampilan produk kita lebih menarik dan juga dapat dipasarkan dengan mudah. Selain menarik, kita juga harus membuat konsumen tertarik dengan produk kita, maka produk tersebut juga harus unik dan bermanfaat.

  1. Pahami Kebutuhan Target Pasar

Saat kita akan memulai bisnis, terlebih dahulu kita harus memikirkan dan menganalisis terkait dengan target market dari produk kita, karena penting untuk mengetahui kebutuhan dan keinginkan target marketnya. Kita juga harus dapat mengidentifikasi terkait dengan target konsumen kita, apakah anak-anak, remaja atau dewasa.

  1. Membuat Kemasan Menjadi Unik Dan Menarik

Konsumen pada umumnya tertarik pada tampilan kemasan. Sudah menjadi rahasia umum dalam bisnis bahwa penampilan akan menjadi daya pikat utama terutama untuk sebuah produk jualan. Kemasan pada produk dapat menjadi sebuah pembeda antara produk kita dengan pesaing – pesaing, semakin unik dan menarik kemasaran yang kita buat, semakin meningkat juga minat pembeli untuk membeli produk kita. Maka dari itu, sangat penting untuk mempelajari cara mengemas produk yang baik, aman dan juga menarik perhatian konsumen.

  1. Melakukan Promosi Yang Tepat

Penting bagi para pebisnis dalam memasarkan produknya juga memperhatikan aspek promosi yang tepat agar target market dapat tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Promosi saat ini dapat dilakukan secara online dan juga secara offline. Salah satu promosi yang dapat dilakukan secara online dan dengan biaya yang cukup terjangkau adalah dengan menggunakan media sosial selain melalui media sosial, kita juga dapat menggunakan relasi atau melalui word of mouth.

  1. Menonjolkan Kelebihan Produk

Saat menjual produk kita harus memiliki value dan differentiation yang menojol di dalam produk kita karena produk yang kita jual bisa saja sama dengan produk orang lain. Oleh karena itu, maka perusahaan harus memikirkan cara agar kelebihan produk tersebut dapat tersampaikan dengan baik ke target market sehingga tertarik dan mau untuk mencoba sehingga menjadi loyal.

  1. Pelayanan Konsumen yang Prima

Pembeli adalah raja maksudnya adalah kita sebagai pemilik usaha, harus mampu memberikan pelayanan terbaik. Di dalam bisnis tentu akan ada komunikasi serta interaksi. Kita selaku pembisnis dapat melakuka tindakan dengan memberikan informasi terbaik terkait produk yang kita pasarkan agar konsumen merasa tenang, nyaman, dan percaya pada produk kita.

  1. Membuka Peluang Jaringan

Setiap pengusaha harus memiliki jaringan agar bisnis kita dapat meluas. Jaringan berperan penting dalam peningkatan wilayah promosi. Bahkan dengan membuka peluang jaringan, maka produk akan jauh lebih dikenal secara luas.

  1. Melakukan Pendekatan Pada Konsumen

Kita bisa melakukan pendekatan dengan berteman dan dari situ kita dapat mengetahui karakter konsumen kita. Pendekatan ini bertujuan agar konsumen merasa nyaman dan kita bisa tau apa yang konsumen kita butuhkan.

  1. Membuat Website Produk atau Media Sosial

Cara lain yang dapat dilakukan agar produk kita dikenal adalah dengan menyediakan website untuk produk kita yang berisi tentang detail informasi produk seperti harga, deskripsi produk, cara berbelanja, dan review dari konsumen. Hal ini bertujuan untuk menjangkau pembeli yang berasal dari berbagai daerah. Sosial media juga dapat menjadi alternatif bagi usaha kita dengan tentunya memberikan informasi yang lengkap serta ada call to action untuk menjangkau produk kita.

  1. Konsisten Dalam Penerapan Strategi

Konsisten pada bisnis kita dan menjadikannya identitas diri juga menjadi kelebihan yang bisa jadi merupakan alasan konsumen memilih berbelanja produk yang kamu punya.

Referensi:

https://www.berdesa.com/strategi-pemasaran-umkm/