Penulis: Ratna Amalia

 

Pada tanggal 19.10.2020 telah diselenggarakan acara seminar untuk UMKM dan masyarakat umum dalam rangka Pengabdian Pada Masyarakat. Acara diselenggarakan dari pagi hingga sore hari dengan mendatangkan dosen-dosen program studi Desain Komunikasi Visual sebagai nara sumber. Materi yang dibahas beraneka ragam sesuai dengan minat dan keahlian dari dosen-dosen tersebut. Salah satu pembahasan dalam seminar ini adalah materi kemasan (packaging).

Pembahasan kemasan yang diangkat terkait dengan  persuasive packaging atau kemasan yang bisa mempersuasi konsumen untuk membeli produk yang dipasarkan. Pembahasan ini menjadi cukup penting karena peserta sebagian besar adalah orang-orang yang memiliki bisnis atau mereka yang memang sedang belajar menjadi entrepreneur. Pengetahuan tentang kemasan menjadi sangat diperlukan terkait branding, promosi, dan keamanan produk pada saat distribusi.

Materi yang berikan mulai dari definisi kemasan, kemudian elemen-elemen yang penting dalam desain kemasan. Elemen-elemen ini harus diperhatikan oleh seorang desainer dalam membuat desain kemasan. Bukan hanya desainer tetapi pemilik merek juga harus memahami poin-poin penting tersebut agar produk bisa direpresentasikan dengan baik. Penyampaian materi dilanjutkan dengan pemahaman mengenai fungsi, bahwa kemasan bukan hanya membungkus tapi juga sebagai alat identifikasi. Kemasan juga sangat penting terkait pemasaran dimana kemasan harus menarik perhatian agar bisa “berbicara sendiri” tanpa harus dibantu oleh Sales Promotion Girl/Boy.

Pembahasan  berikutnya mengenai jenis-jenis kemasan yang banyak dipresentasikan melalui gambar-gambar. Pemahaman kemasan primer, sekunder, tersier sampai dengan kuarter ini diberikan agar para peserta seminar bisa mengembangkan dan berpikir lebih jauh tentang desain dan keamanan. Dibutuhkan atau tidak, prioritas utama dan lain sebagainya diharapkan menjadi pertimbangan selanjutnya setelah mendapatkan materi tersebut. Pemaparan yang terakhir dan sebagai tambahan adalah mengenai mood board. Mood board ini disuguhkan pada peserta seminar sebagai bagian dari penjabaran data. Data merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam pembuatan kemasan karena dengan analisis data yang baik bisa menghasilkan kemasan yang baik pula. Penjabaran data dengan visual mempermudah dalam memahami data dan membuat data bernilai artistik.