Siapa sih yang sekarang tidak tahu dengan makanan ayam geprek? Ayam geprek telah viral sejak tahun 2017 karena bahannya yang sederhana, cara mengolah yang cukup mudah, dan memiliki citra rasa yang pedas sehingga makanan ini banyak diminati orang. Namun untuk mendapatkan ketenaran dan nama yang dikenal oleh Masyarakat luas tentu saja tidak mudah. Banyak proses yang harus dilalui oleh seorang pengusaha sehingga dapat dikenal dan disukai oleh msayarakat. Pada zaman sekarang ini banyak sekali para wirausahawan sehingga membuat mereka saling berlomba-lomba dan bersaing untuk masing-masing produknya. Setiap wirausahawan pasti memiliki strategi manajemennya sendiri untuk bisnisnya. Strategi merupakan salah satu kunci bagi perusahaan untuk membuat perencanaan guna mencapai tujuan perusahaan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba melihat strategi management pada usaha dibidang kuliner yaitu usaha ayam geprek. Usaha ayam geprek ini menggunakan strategi marketing mix yang dikenal dengan prinsip 7P yaitu product, price, promotion, place, people, physical evidence, dan process. Melalui produk, ia menyediakan berbagai macam produk dan sederhana, selanjutnya harga yang terjangkau sesuai dengan target market dan memperhatikan harga dari pesaing, lalu selanjutnya dengan melakukan promosi melalui brosur yang ditempatkan pada lokasi yang strategis, biasanya di pinggir jalan besar, atau dapat pula dengan memberikan promosi melalui channels yang banyak dilihat oleh target market kita seperti melalui media sosial, para karyawan yang memenuhi syarat, bukti fisik sebagai usulan nilai tambah konsumen, dan proses pembuatan hingga penyajian yang baik pada konsumen. Semua hal ini termasuk ke dalam kekuatan (Strength) internal dalam analisis SWOT bisnis ayam geprek. Bagaimana dengan kelemahannya (weakness)? Ayam geprek ini memiliki pesaing yang cukup banyak karena produk yang mudah untuk ditiru. Pada aspek eksternal, kita dapat melakukan analisis dengan melihat aspek peluang (opportunities) dimana bahan baku mudah didapat,pertumbuhan pasar terus meningkat dan lain-lain. Dilihat dari ancamannya (threat) banyaknya jumlah pesaing dan harga ayam yang mengalami fluktuasi menjadi tantangan tersendiri. Analisis SWOT ini salah satu strategi manajemen yang akan berguna bagi suatu perusahaan untuk penentu kelangsungan suatu bisnis tersebut di masa yang akan datang.

Salah satu UMKM ayam geprek dapat juga melaksanakan corporate strategies yaitu dengan model growth strategies dimana bisnis ini mengekspansi jumlah usahanya sehingga sekarang sudah memiliki cabang di berbagai tempat. Salah satu pebisnis ayam geprek ini juga mengatakan bahwa mental tetaplah menjadi modal utama karena setiap menjalankan suatu bisnis, kita harus mempersiapkan mental untuk menanggung dan mengantisipasi risiko kedepannya apapun risiko tersebut. Pada masa pandemic ini pun mereka telah mempersiapkan strategi yaitu melalui kerjasama dengan aplikasi ojek online untuk delivery dan memesan menu mereka sehingga bisnisnya tetap bisa berjalan dengan lancar, bahkan memungkinkan untuk meningkatkan penjualan  hingga 2x lipat sejak pandemic berlangsung.

Source:
https://core.ac.uk/download/pdf/322468232.pdf

8 Tips Usaha Ayam Geprek & Rincian Modalnya


https://www.jurnal.id/id/blog/analisis-swot-untuk-perusahaan/#:~:text=atau%20bisnis%20Anda.-,Tujuan%20Analisis%20SWOT,ancaman%20di%20dalam%20suatu%20perusahaan.&text=Namun%2C%20analisis%20SWOT%20adalah%20alat,mungkin%20akan%20dihidupi%20oleh%20organisasi.