Kegiatan First Year Program Desain Komunikasi Visual Binus Bandung

Oleh Ratna Amalia

Tahun ajaran baru telah mulai ditengah Pandemi Covid 19. Walaupun mahasiswa haruskuliah secara daring namun proses belajar mengajar harus tetap terlaksana dengan baik. Dosen pasti selalu menyemangati dan mahasiswa harus bisa memberikan usaha yang lebih dibandingkan pada saat belajar dengan proses tatap muka.

Sebelum mahasiswa terjun langsung menempuh perkuliahan, mereka dibekali dengan ilmuilmu dasar tentang desain, khususnya Desain Komunikasi Visual. Pembekalan itu dilakukan pada acara First Year Program. Selain teori tentang DKV, mahasiswa juga diwajibkan untuk membuat sebuah karya yang terinspirasi dari film. Project ini dibuat agar mahasiswa mampu memahami proses berpikir seorang desainer komunikasi visual dan memahami teori yang diberikan namun dikemas dengan fun. Proses pertama yang dijalani adalah menonton film yang telah direkomendasikan yaitu Isle Dogs. Setelah menonton film lalu mahasiswa menentukan mana adegan yang paling diingat, menyentuh hati, atau bermakna dalam. Adegan tersebut diabadikan dengan mengambil beberapa adegan.

Mahasiswa menceritakan adegan yang dianggap penting dan menentukan tiga pesan moral yang menurut mereka paling menyentuh atau teringat dikepala berdasarkan adegan yang telah dipilih. Dari tiga pesan moral, mahasiswa diminta untuk memilih salah satu yang paling ingin diangkat sebagai ide karya.

Setelah informasi terkumpul mulai masuk proses pembuatan karya dengan menentukan judul/kata kunci untuk konsep desain. Proses pencarian dengan metode 5W1H digunakan dalam pencarian konsep ini. Masuk ke proses visual dengan mencari inspirasi yang bisa dikemas menjadi mood board. Pengembangannya menggunakan metode mindmapping, sampai pada proses sketsa.

Tahap visual brain dumping sudah masuk dalam proses sketsa dimana mahasiswa bisa dengan leluasa menjabarkan kata kunci yang ada pada maind map menjadi bentuk image. Lalu masuk sketsa thumbnail yang sudah mulai lengkap materi visualnya, sampai pada draft yang sudah rapih secara layout, lalu menuju sketsa komprehensif dan berakhir pada final artwork.
Project ini diharapkan bisa membuka cakrawala mahasiswa tentang Desain Komunikasi Visual. Bahwa ilmu ini bukan hanya sekedar menggambar tapi juga terdapat teori dan proses yang sangat penting untuk diselami.