Oleh: Michael Ernaldi

Saat ini teknologi untuk memadamkan kebakaran sudah jauh lebih modern dibandingkan dulu ketika pertama kali istilah pemadam kebakaran. Konon telah ditemukan alat untuk memadamkan kebakaran berupa pompa air yang diciptakan oleh Ctesibius dari Alexandria pada abad ke-3 sebelum masehi.

 

Seiring dengan perkembangan teknologi, misalnya seperti penggunaan gas LPG untuk memasak, jenis-jenis kebakaran juga bertambah. Untuk penanganan kebakaran, secara garis besar kebakaran dibagi berdasarkan penyebab kebakaran. Misalnya kebakaran yang disebabkan oleh tumpahan minyak di laut atau hubungan pendek (short circuit) pada rangkaian listrik tidak boleh sembarangan dipadamkan menggunakan air. Hal ini karena minyak memiliki massa jenis yang lebih ringan dari air, sehingga bukannya padam, api malah tergenang di atas air. Untuk kasus short circuit rangkain listrik, aliran listrik bisa menyengat orang yang berusaha memadamkan api, jika air ‘menghubungkan’ yang bersangkutan dengan rangkain listrik yang short circuit.

Ada juga kasus di mana kebakaran terjadi pada tempat yang sangat tinggi, sehingga petugas damkar kesulitan mencapai api, bahkan dengan bantuan turntable tender (truk damkar yang memiliki mekanisme tangga yang dapat dilipat untuk mencapai api di tempat yang tinggi). Contoh dari kasus ini adalah kebakaran Katedral Notre Dame di Paris, Perancis pada 15-16 April 2019.

Karena itulah diperlukan peralatan penunjang yang dapat membantu damkar untuk memadamkan api dalam kondisi apapun. Misalnya dalam peristiwa kebakaran Notre Dame di Paris, digunakan robot damkar yang diberi nama ‘Colossus’ untuk membantu memadamkan api. Bahkan China sudah menciptakan sistem peluncur rudal untuk memadamkan kebakaran.

Dalam memadamkan kebakaran tentu target yang ingin dicapai adalah meminimalisir semaksimal mungkin korba jiwa dan benda, waktu pemadaman api yang cepat sehingga kalau ada penyintas bisa segera diselamatkan, dan biaya operasional yang minim. Semua target tersebut bisa dicapai dengan bantuan teknologi untuk memadamkan kebakaran, salah satunya robot damkar.

Daftar pustaka :

  • https://www.google.com/amp/s/www.inews.id/amp/news/internasional/kisah-robot-yang-memadamkan-api-di-katedral-notre-dame
  • https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kebakaran_Notre-Dame_de_Paris
  • https://en.m.wikipedia.org/wiki/History_of_firefighting

• https://www.google.com/amp/s/www.gridoto.com/amp/read/22999195/ini-jenis-jenis-mobil-pemadam-kebakaran-yang-ada-di-indonesia