Oleh: Marcello         

Di era Industry 4.0 ini, perkembangan zaman semakin menuntun ke tempat yang lebih pintar lagi, beberapa kecanggihan teknologi kini mulai dapat dirasakan dan di nikmati untuk penggunaannya. Canggihnya teknologi kini mulai merasuki ke area keluarga selain perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, jaringan internet, dll. Kini pemikiran manusia semakin meluas dengan menambahkan konsep rumah pintar (Smart Home).

            Smart home adalah gagasan baru yang bertujuan untuk membantu manusia melakukan pekerjaan dengan efisien sekaligus memudahkan penggunanya dalam mengontrol rumah dengan satu console. Dengan kecanggihan Internet of things, manusia mampu menciptakan smart home ini dengan efisen. Cara kerja dari smart home ini adalah hanya perlu menyambungkan perangkat yang sudah di program ke sebuah jaringan internet.

            Pesebaran smart home ini masih belum banyak atau belum bisa dipakai oleh orang banyak, hal itu dikarenakan mahalnya perangkat yang di gunakan dan juga belum meratanya internet di daerah tertentu. Padahal dalam segi efisiensi dan keteraturan kinerja, smart home ini sudah banyak di uji oleh peneliti, sehingga aman untuk digunakan. Kemajuan zaman menuntut kemajuan teknologi juga, mungkin dimasa yang akan mendatang banyak orang yang mampu menggunakan smart home di setiap rumah untuk membantu mengontrol rumah. Di suatu sisi dari smart home ini adalah keamanan yang mungkin bisa di retas oleh orang lain. Namun disisi lain, kecanggihannya memberikan kemudahan dan mengurangi efek dari konsleting, karena beberapa perangkat sudah bisa memutuskan aliran listrik sendiri jika terjadi konsleting atau kita juga bisa mengontrol dari smart phone untuk memutuskan aliran listriknya. Diharapkan untuk kedepannya semoga kecanggihan ini bisa merata di semua kalangan masyarakat agar bisa melaju ke industry 5.0