Oleh: Ahmad Sabiq

Pada awal tahun 2020 ini, dunia dihebohkan dengan munculnya virus Covid19 atau biasa disebut Corona. Virus Corona ini ditemukan pertama kali di daerah Wuhan, Cina. Menurut WHO virus ini berkembang seperti halnya flu dan penyebarannya sangat cepat sekali. Untuk mencegah penyebarannya itu pemerintah di seluruh dunia menghimbau warganyanya untuk membatasi aktivitas sehari hari, dan menghindari aktivitas yang langsung bersentuhan dengan fisik. Salah satunya adalah karantina di rumah masing masing.

Nah, dalam masa karantina seperti ini kegiatan kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah, sekarang harus dilakukan di dalam rumah. Seperti bekerja di kantor, belajar di sekolah, berdagang di toko offline. Sekarang semuanya harus dilakukan di dalam rumah saja.

Untungnya di tahun 2020 ini teknologi sudah sangat berkembang dengan pesat. Hampir di setiap tempat dan setiap orang di seluruh dunia memiliki gadget untuk membantu aktivitas sehari hari. Termasuk kegiatan yang biasanya dilakukan di luar rumah bisa kita kerjakan di dalam rumah. Contohnya pekerjaan kita bisa kita kirim melalui email, kita juga bisa belajar tanpa harus ke sekolah dengan video call melalui aplikasi seperti Zoom, Teams, dan aplikasi video call lain.

Namun ada beberapa aktivitas yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Seperti akivitas di pertambangan yang harus di kontrol setiap harinya agar tidak ada kebocoran. Kurir yang harus mengantakan pesanannya. Dan lain lain.

Dalam keaadan seperti itu mau tidak mau kita harus bisa mempelajari dan memanfaatkan teknologi sebaik baikya. Khususnya para pemuda di dunia harus bisa membuat teknologi yang lebih canggih lagi, Agar masalah masalah seperti tadi bisa diselesaikan di masa yang akan datang.