oleh : Delon Marcely T

Cyber security mungkin tidak asing di kuping masyarakat untuk sekarang, terlebih lagi sekarang kita sudah berada di jaman “4.0” dimana hampir semua pekerjaan sudah bergantung pada mesin. Tentu bergantung pada mesin itu akan memudahkan kita sebagai manusia menjadi lebih mudah dalam segala hal, contoh nya seperti mengupload foto di instagram,twitter, dll untuk hiburan dan bisa juga untuk mendokumentasikan dimana kita sedang berada, kita sedang apa, dan masih banyak lagi. Tetapi apakah kalian pernah berpikir tentang privasi kalian pada saat itu ? Apakah kalian pernah berpikir kalau dari hanya membuat akun sosial media, beberapa orang bisa tahu rumah kalian ada dimana ,ponsel yang kalian pakai apa, dan mungkin mereka bisa tahu seluruh data ponsel kalian.

Disaat kalian berpikir seperti itu , mungkin sudah banyak orang orang di sekitar kalian yang sudah pernah dibajak ponsel nya bahkan bisa juga orang disekitar kalian yang membajak ponsel kalian tersebut. Disitulah Cyber Security berguna bagi kalian semua. Cyber security bertugas untuk melindungi kalian dari peretas peretas yang iseng, terlebih di masa yang akan datang semua kemungkinan bergantung pada internet, dan data. Disitu pasti banyak orang orang yang akan melakukan hal hal buruk atau iseng seperti mengahpus data kalian, mengubah data” kalian dan masih banyak lagi. Namun dengan ada nya Cyber Security , mereka akan mencegah semua hal tersebut terjadi bahkan mungkin bisa membuat para peretas tidak bisa menembus pertahanan internet ataupun data kalian lagi.

Maka dari itu Cyber Security sangatlah penting bagi perkembangan teknologi dunia yang akan terus menerus perkembang tanpa henti sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. Semoga kita dapat mengoptimalkan cyber security dalam kehidupan online kita disaat pandemic ini.