Kehadiran Kendaraan Roda Dua yang Dilengkapi dengan Kestabilan Mandiri

Oleh: Kevin Edgar

            Pada awalnya, kendaraan bermotor roda dua merupakan sebuah inovasi dalam industri otomotif. Tujuan dibuatnya kendaraan roda dua adalah kepraktisan dan juga harga yang relatif lebih murah daripada kendaraan roda empat. Seiring berkembangnya zaman, kendaraan roda dua berkembang menjadi sesuatu yang lebih canggih karena berurusan dengan gaya hidup dan status sosial seseorang. Oleh karena itu, para produsen mulai mengembangkan desain dan performa yang sangat inovatif setiap era nya. Lalu bagaimana dengan kecelakaan yang sering terjadi dengan kendaraan roda dua? Apakah sudah ada solusi dari pabrikan untuk menjamin keselamatan penggunanya?


Oleh karena banyaknya tingkat kecelakaan pada roda dua, para konsumen mulai menginginkan keselamatan yang lebih, tapi dengan tingkat kepraktisan yang sama seperti roda dua. Ketika produsen lain tetap fokus pada motor konvensional nya, yang hanya fokus pada desain, pabrikan Lit Motors yang berasal dari San Francisco memberikan solusinya. Mereka menghadirkan sebuah kendaraan bernama Lit Motors C1 yang memiliki keseimbangan autonomous(otomatis).

Kendaraan ini dilengkapi dengan bandul ditengah nya yang bergerak berlawanan dengan gerakan motor, sehingga menjamin kestabilan layaknya sebuah mobil SUV. Selain itu, mereka melengkapinya dengan motor elektrik, dan ini merupakan sebuah terobosan bagi kendaraan roda dua. Didukung oleh penggunaan rangka yang mirip seperti mobil, keselamatan penumpang juga dijamin oleh kendaraan ini.

Kendaraan ini sudah dikembangkan sejak tahun 2012 dan mendapat respon positif dari para antusias otomotif. Kendaraan ini dijual dengan harga US$ 24 ribu atau setara dengan Rp 316 juta. Diharapkan dengan terobosan ini, produsen lain mulai mengikuti konsep kendaraan yang aman dan juga ramah lingkungan

Sumber : https://www.liputan6.com/otomotif/read/2459352/lit-motors-c1-kendaraan-roda-dua-yang-stabil-seperti-mobil