Oleh: MUHAMMAD SAVIO QALBY VANIDA PUTRA

          Pada era digital saat, teknologi sudah mulai mempengaruhi banyak aspek dari kehidupan masyarakat dunia. Salah satunya adalah berkembangnya popularitas Vtuber, singkatan dari Virtual Youtuber, yang mulai muncul sebagai konten kreator. Vtuber sendiri merupakan konten kreator dengan menggunakan avatar animasi 2D atau 3D yang disuarai oleh pemeran suara.

Konten Video Vtuber sendiri beragam jenis. Mulai dari konten gaming, singing, sampai dengan konten cooking, yang membuat fans tertarik untuk menonton Live Streaming Vtuber dan memberikan donasi sejumlah uang lewat saluran Superchat yang disediakan dalam youtube.

Kepopuleran Vtuber awalnya diperkenalkan dari Negara Jepang, lebih tepatnya oleh Kizuna Ai yang menggunakan karakter animasi seorang perempuan berumur 17 tahun yang berperan sebagai idol. Seiring perkembangan waktu, semakin banyak konten kreator yang memulai perjalanan mereka sebagai Vtuber.

Kepopuleran Vtuber saat ini menginspirasi sebuah perusahaan bernama Cover Corporation  untuk membuat sebuah grup Vtuber Idol band popular bernama Hololive yang saat ini sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Tidak mau kalah, Ichikara Inc. juga membuat grup Vtuber mereka sendiri yang dinamakan Nijisanji dan sudah mendebutkan sekitar 100 Vtuber dibawah naungan mereka.

Bisa diprediksi bahwa popularitas Vtuber yang menggunakan teknologi animasi 2D akan terus meningkat. Banyak yang berspekulasi bahwa Vtuber bisa menjadi ladang pekerjaan yang baru di era digital seperti sekarang ini. Adanya peningkatan jumlah fans Vtuber dapat menjadi alasan berbagai individu untuk memulai debutnya sebagai Vtuber. Vtuber yang menarik perhatian masyarakat dunia sekarang sudah menjadi bukti positif dari permanfaatan teknologi animasi yang sangat baik.