Jakarta, 25 Agustus 2020 – Saat ini di era kemajuan teknologi menjadi tantangan, mengingat kondisi pasar di Indonesia kian dewasa. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda Indonesia harus bisa menjadi bangsa kreatif. Creativepreneurship di Indonesia harus selalu diasah dengan menciptakan solusi kreatif seperti kegiatan berwirausaha sangat dianjurkan untuk kemajuan bangsa.

Selain ide, motivasi, dan produktifitas menjadi suatu yang penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya pada bisnis. Namun, teknologi harus bisa dimanfaatkan dengan maksimal untuk menunjang inovasi, motivasi, produktifitas dan fleksibilitas. Dengan demikian, untuk menjadi creativepreneur dibutuhkan pengetahuan dan kemampuan wirausaha yang perlu di tanamkan sejak dini melalui pembekalan ilmu yang dapat diperoleh di perguruan tinggi.  Karena perguruan tinggi memberikan fasilitas kepada mahasiswa dengan memberikan ilmu kewirausahaan secara teori dan praktik.

Mata Kuliah

Sebelum menempuh pendidikan perguruan tinggi diperlukan untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang dipelajari di jurusan Creativepreneurship antara lain: Introduction to Management and Business, Introduction to Entrepreneurship, Idea Generation and Opportunity Discovery, Introduction to Economics, Accounting Principles, Creative and Innovative Thinking, English in Focus, English for Business Presentation. Character Building: Pancasila, Marketing Management, Applied Business Statistics, Design Thinking for Business and Innovation, Business Analytics and Intelligence, Innovative Product Design and Development, Social Innovation, English Savvy, English for Written Business Communication, Character Building : Kewarganegaraan, Business Model, Entrepreneurial Financial Management, Research Methodology, Startup Fundraising (VC, PE, and Banks), Business Risk Analysis, Entrepreneurship in Creative Industries, Technopreneurship, Indonesian Language, New Venture Creation, Operations Management, Human Resources Management, Business Law and Ethics, Interaction Design, Character Building : Agama, Business Plan, Digital Marketing, Omnichannel Retailing, Entrepreneurial Strategy, Managing Digital Firm, Cultural Entrepreneurship, Enrichment Program, dan Thesis. (https://binus.ac.id/bandung/s1-creativepreneurship/)

Mata kuliah yang telah dipelajari diatas, akan memberi kemudahan mahasiswa lulusan creativepreneurship dalam menguasai ilmu kewirausahaan secara teori maupun praktik. Dengan ini mahasiswa lulusan creativepreneurship diharapkan dapat menerapkan dan mengembangkan pengetahuan, serta keterampilan ilmu kewirausahaan. Disini, kamu juga akan dibekali dengan keahlian manajerial, kemampuan mengelola waktu, kemampuan berbahasa asing, keterampilan dalam menganalisa persaingan, pasar, dan risiko bisnis, serta kemampuan dalam merumuskan masalah dan mengambil keputusan.

Prospek Karir

Setelah lulus dari perguruan tinggi dengan sudah dibekali ilmu teori dan praktik, mahasiswa lulusan creativepreneurship dapat berkarier di berbagai bidang seperti: Creativepreneur, Business Developer, Intrapreneur, Business Planner, Business Consultant, Venture Capitalist, Business Leader, Business Facilitator, Cyberpreneur, Business Inovator, E-Commerce Specialist, Sociopreneur, Technopreneur, dan Business Analyst.

Universitas Bina Nusantara (BINUS) hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang menghasilkan lulusan terbaik. Program studi Creativepreneurship BINUS@Bandung menghasilkan mahasiswa Sarjana Bisnis dengan fokus pada industri kreatif melalui teknik pembelajaran Experiential Learning, Entrepreneurship Living Laboratory, Komersialisasi dan Market Testing, Investor Pitch, Mentoring FlippedClassroom dikembangkan untuk menghasilkan mahasiswa yang memiliki pengetahuan, dan keterampilan serta sikap yang kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan menumbuh kembangkan bisnis khususnya dalam industri kreatif sehingga mahasiswa lulusan Creativepreneurship BINUS University memiliki kemampuan analisa, menciptakan peluang (kreatif dan inovatif), membangun dan menjalankan bisnis baru dalam menghadapi persaingan global dengan mengangkat kearifan lokal.

Selain itu, Program Studi Creativepreneurship BINUS University menyiapkan generasi muda menjadi Sarjana Bisnis dengan fokus membangun bisnis pada industri kreatif dan atau mengembangkan bisnis berbasiskan kreativitas. Studi ini akan mengeksplorasi Creativepreneurship sebagai gaya kepemimpinan bisnis yang menggabungkan komersialisasi ICT (Information and Communication Technology) dengan kecakapan berwirausaha secara praktis, berpengetahuan, berketerampilan dan bersikap, mengkreasikan ide bisnis baru yang inovatif, menumbuh kembangkan bisnis secara etis dan berkelanjutan, meningkatkan nilai perusahaan, serta aktif berkontribusi bagi masyarakat.

Program studi Creativepreneurship BINUS@Bandung membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kreativitas, estetika seni visual, teknologi untuk mendukung kebutuhan industri. Selain itu, BINUS memiliki Program (2+1)+1 yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar multi kampus dan kerja di dunia nyata. Mahasiswa akan menjani 2 tahun kuliah di kampus asal, 1 tahun kuliah di kampus BINUS di kota lain, dan 1 tahun mengambil salah satu dari 5 program enrichment, yaitu: Internship, Research, Study Abroad, Start-up Business, dan Community Development.

Program studi Creativepreneurship sebagai wadah untuk mengembangkan kreativitas agar dapat memenuhi kebutuhan industri di masa depan dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan perspektif kritis dan kreatif. Sehingga lulusan Creativepreneurship mampu bersaing dalam era teknologi agar dapat langsung berkarir di dunia industri.

Program studi Creativepreneurship kini telah tersedia di BINUS @Bandung. BINUS University Bandung beralamat di Jalan Pasir Kaliki No.25-27, Kebon Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40181.