Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

Revolusi Industry 4.0 telah memungkinkan perangkat pintar memanfaatkan IoT, dan paradigma komputasi, tidak hanya untuk memproses sejumlah besar data dari perangkat pintar mengakses sensor IoT multimedia, tetapi juga untuk menggabungkan desentralisasi teknik keamanan. Sebagai contoh, baik blockchain maupun offchain dapat memberikan keamanan data dan privasi data IoT dan identitas penghuni rumah pintar. Begitu data kesehatan IoT dan interaksi dengan perangkat pintar rumah IoT dapat diamankan melalui desentralisasi mekanisme konsensus blockchain, lokasi sumber data, peristiwa yang ditangkap ,jenis data, dan identitas pihak-pihak transaksi dapat dibuat di mana-mana. Solusi Blockchain telah mendapatkan popularitas untuk membuat sistem pemantauan kesehatan tidak berubah dan mempunyai bukti kerusakan kasus penggunaan hukum pada kehidupan nyata

Dalam artikel ini, kita akan membahas tantangan keamanan untuk mengendalikan muatan data multimedia IoT rumah pintar melalui perangkat cerdas pelacakan gerakan IoT di bagian tepi Karena perangkat IoT rumah pintar menghasilkan jumlah besar data IoT pada akhirnya, sistem telah meningkatkan analitik untuk diproses pada data IoT,  aman dan dapat menganalisis transaksi, dan menyimpan transaksi ke blockchain. Dompet digital untuk aktor yang berbeda seperti IoT vendor dan konsumen data IoT telah dikembangkan. Memuat media multimedia yang tersedia dari perangkat IoT yang disimpan dalam repositori yang terdesentralisasi. Menggunakan kerangka kerja yang diusulkan seperti bisnis berbasis intelijen dapat diterapkan di IoT.

Gambar 1 dan 2 dibawah  menunjukkan arsitektur komponen tingkat tinggi dari berbagai aktor kunci dari lingkungan yang diusulkan. Usulan sistem terdiri dari dua jenis aktor manusia: vendor IoT dan pemilik rumah yang bermaksud menggabungkan nomor secara aman perangkat IoT sebagai layanan interaksi berbasis gesture. Memliki dua jenis aktor IoT dalam sistem – perangkat IoT untuk isyarat menggunakan perangkat recognition dan IoT sebagai pemantauan kesehatan. Sebelum menggunakan sistem, blockchain profil dan dompet digital aman harus dibuat untuk masing-masing aktor. Selama pendaftaran, data IoT multimedia seperti gambar, audio, dan video, yang tidak dapat disimpan ke dalam blockchain karena keterbatasan ukuran blok, yang disimpan repositori terdesentralisasi, sementara hash atau satu set hash, terhubung di dalam blockchain, dan dompet digital berisi kunci aman dan mata uang virtual yang dibuat.

Gambar 3 menunjukkan perangkat keras yang diusulkan untuk pekerjaan terdiri dari perangkat sisi klien, seperti Arduino dan ESP8266 papan MCU dengan catu daya portabel, servomotors berjalan sebagai kunci pintu pintar, ZigBee dan smart berbasis Wi-Fi lampu yang dihubungkan dengan papan Arduino, Myo Armband dan Leap Motion untuk deteksi Gesture, dan sebuah smartphone dan Laptop untuk menjalankan Apps dengan Gerakan API. Detail tentang metode pelacakan Pialang MQTT, API server dan node Blockchain Fabric Hyperledger berjalan di mesin virtual AWS, menjalankan Ubuntu 64-bit dengan 8GB RAM., telah menggunakan Firebase oleh Google digunakan untuk basis data waktu.

Dalam tulisan ini, mempresentasikan desain sebuah karya prototipe interaksi yang berbasis gesture dengan rumah pintar perangkat IOT medis. Komunikasi, ID pengguna dan perangkat IoT, serta data IoT lalu interaksi dengan aman disimpan dalam off-chain sementara transaksi yang menonjol disimpan di blockchain. Di masa depan, beberapa orang berencana untuk menggunakan kerangka kerja di dalamnya untuk aplikasi kehidupan nyata. Agar mencapai berbagai jenis skenario kesehatan lain, kita akan menyelidiki kinerja sistem blockchain. Selain itu, skalabilitas sistem akan ditingkatkan untuk mendukung jutaan transaksi data IoT pada waktu tertentu. seperti menggunakan kamera dan radar hyper-spectral..

Referensi

  • Abdur Rahman, 2Khalid Abualsaud, 3Stuart Barnes, 3Mamunur Rashid, and 4Syed Maruf Abdullah “A Natural User Interface and Blockchain-Based In-Home Smart Health Monitoring System”, MCRLab, University of Ottawa, Canada, 978-1-7281-4821-2/20/$31.00 ©2020 IEEE