Oleh: Mochammad Haldi Widianto

Dengan kemajuan yang pesat dalam teknologi, menuju ke dunia di mana setiap orang dan segalanya akan bisa berkomunikasi dan terhubung. Seperti teknologi ini menyediakan komunikasi di antara siapa pun dan di mana pun atau setiap saat adalah Internet of Things (IoT). IoT mungkin

disebut sebagai Internet masa depan yang akan memungkinkan mesin-to machine (M2M) belajar. Gagasan utama di balik IoT adalah untuk memiliki koneksi mandiri, pemerintahan yang aman dan memungkinkan pertukaran data di antara dunia nyata, perangkat fisik dan aplikasi nyata. IoT mengaktifkan tautan antara aktivitas fisik kehidupan nyata dan dunia virtual. Dewasa ini, banyak perangkat terhubung ke Internet dengan jumlah perangkat semacam ini akan lebih jauh meningkat dengan cepat. Perangkat tersebut dapat berupa PDA, laptop, ponsel pintar, komputer pribadi (PC), tablet dan banyak lagi perangkat lainnya. Banyak telepon hari ini memiliki berbagai sensor yang tertanam di dalamnya yang dapat merasakan, membuat keputusan, menghitung, dan mengirimkan informasi yang terakumulasi di Internet..

Internet berkembang dengan cepat yang menghubungkan zillions atau hal-hal di seluruh dunia dalam beberapa tahun terakhir; dan hal-hal semacam itu dari berbagai kemampuan pemrosesan, ukuran, komputasi dan kekuatan dengan dukungan berbagai macam aplikasi. Oleh karena itu, ada kebutuhan untuk menggabungkan yang konvensional pada Internet dengan Internet masa depan yang lebih cerdas, Sesuatu yang disebut IoT memungkinkan objek nyata untuk terhubung dan juga memperlengkapi mereka dengan kecerdasan untuk memproses informasi spesifik. Informasi ini selanjutnya digunakan untuk membuat keputusan independen yang berguna. Oleh karena itu, IoT mampu menimbulkan banyak manfaat aplikasi dan juga layanan yang tidak terbayangkan sebelumnya. Skenario IoT umum digambarkan pada Gambar. 1.

Gambar 1. IoT Skenario

Sebagai teknologi maju, kapasitas penyimpanan dan kekuatan pemrosesan perangkat meningkat secara eksponensial, dikurangi ukurannya. Perangkat pintar semacam itu menggunakan beragam jenis aktuator dan sensor. Perangkat ini juga dapat terhubung ke Internet dan karenanya, dapat berkomunikasi. Ini pada masanya memunculkan serangkaian peluang baru. Juga, benda-benda dunia nyata saat ini dilengkapi dengan RFID tag atau jenis barcode lainnya yang dapat dengan mudah dipindai melalui perangkat pintar seperti pembaca barcode. Pemindai RFID dan ponsel pintar.

Gambar 2 di bawah ini menggambarkan implementasi jaringan IoT dasar berbagai jenis aplikasi dan layanan. Hal-hal ini bisa terhubung ke hal-hal lain dengan jenis layanan yang sama.

Gambar 2. Dasar Jaringan IoT

Internet of Things menggunakan beberapa teknologi utama seperti RFID, barcode 2D, NFC dll. Teknologi ini diaktifkan benda-benda untuk dirujuk dan menjadi unik diidentifikasi melalui Internet. Beberapa yang paling banyak digunakan teknologi dalam IoT dijelaskan di bawah ini

  • RFID
  • IP
  • Barcode
  • Wifi
  • Bluetooth
  • ZigBee
  • NFC
  • Actuator
  • WSN
  • AI

Internet of Things memiliki aplikasinya dalam berbagai aspek dari kehidupan kita sehari-hari. Gbr.3 menggambarkan berbagai jurusan aplikasi IoT di hampir setiap bidang kehidupan. Beberapa aplikasi IoT yang penting dan mungkin bersifat futuristic diberikan di bawah:

Gambar 3. Aplikasi Kedepan IoT

Berikut macam-macam teknologi IoT masa depan:

  • Design of smart cities
  • Predicting natural disasters
  • Design of smart homes
  • Design of efficient transport system
  • Industrial applications
  • Medical applications

Artikel ini mengulas masa depan Internet yang akan datang dikenal sebagai “Internet of Things” yang akan membiarkan semuanya dan semua orang terhubung. IoT bekerja dengan sensor cerdas perangkat untuk berkomunikasi secara independen, bertukar informasi penting dan membuat keputusan berdasarkan informasi. Istilah sederhana, IoT mengubah mode saat ini komunikasi yang sebagian besar dari manusia ke manusia .manusia ke mesin dan mesin ke mesin. Kertas secara singkat menjelaskan alur kerja IoT, yang diusulkan generic arsitektur untuk IoT, menjelaskan kemungkinan aplikasi untuk masa depan, disebutkan beberapa yang paling penting teknologi yang digunakan dalam IoT dan terakhir membahas beberapa masalah utama yang terkait dengan penerapan IoT.

Referensi

Kriti Chopra, Kunal Gupta, Annu Lambora “Future Internet: The Internet of Things- A Literature Review”, Department of Computer Science and Engineering ASET, Amity University Noida, India, 2019 International Conference on Machine Learning, Big Data, Cloud and Parallel Computing (Com-IT-Con), India, 14th -16th Feb 2019