Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

Sekarang kita berdiri di ambang era baru dengan komputasi di mana-mana dan komunikasi di mana banyak gadget, seperti sensor, (RFID), dan perangkat elektronik / elektromekanis pintar, di sekitar kita akan ada di jaringan. Gadget akan hilang dan menenun diri mereka ke dalam jalinan kehidupan sehari-hari untuk bekerja serta untuk mendukung orang-orang dalam melakukan kegiatan kehidupan sehari-hari, tugas dan ritual dengan cara yang mudah, secara alami menggunakan informasi dan kecerdasan tersembunyi di jaringan yang menghubungkan gaget to gadget. Hal ini menggunakan paradigma yang dikenal sebagai Internet of Things (IoT) yang dapat meningkatkan nilai informasi yang dihasilkan oleh jumlah interkoneksi antara orang dan gadget, dilambangkan dengan hal-hal, dan transformasi dari informasi yang diproses menjadi pengetahuan untuk kepentingan umat manusia dan masyarakat.

IoT akan mengantar berbagai layanan dan aplikasi pintar untuk mengatasi banyak tantangan yang dihadapi individu dan organisasi hadapi dalam kehidupan sehari-hari. mereka melalui izin manusia dan hal-hal untuk dihubungkan dengan siapa pun atau apa pun, di mana saja, kapan saja.

Agar dapat mengintegrasikan komputasi di mana – mana secara praktis dalam kehidupan kita di masa depan dengan QoE tinggi, kita perlu meningkatkan konektivitas semua hubungan antara pengguna dan hal-hal lain yang dapat digunakan untuk meningkatkan ketersediaan daya komputasi melalui perangkat dan hal-hal di sekitar kita. Karena itu, ini menjadi pertimbangan jejaring sosial (SN) dari semua entitas (mis., manusia dan benda) untuk melakukan komputasi di mana-mana sebagai evolusi di luar IoT. Di lain kata, hal-hal harus disosialisasikan untuk memungkinkan manusia menjalin hubungan dengan mereka dengan cara yang mudah. Itu tidak hanya berarti mengkoneksi fisik antara manusia dan benda, tetapi juga konfigurasi logis dari komunitas sosial yang terlibat manusia juga hal-hal. Konfigurasi logis ini dapat direalisasikan melalui fitur dari adopsi SN

SN ini membantu dalam munculnya komunitas baru yang didorong dengan meningkatnya sosialitas, yang diwarisi dari SN tradisional, dan bisa memberikan kesempatan untuk mengerti persyaratan pengguna, dan dengan demikian mereka juga meningkatkan ketersediaan berdasarkan kepercayaan di masing-masing komunitas. Bahkan, meningkatkan ketersediaan pemrosesan yang disertai dengan penurunan visibilitas. Sehingga Visi dengan meresap baru untuk peningkatan sosialitas dilambangkan dengan Social Internet of Things (SIoT).

Akibatnya, ekosistem baru muncul saat pengelompokan SN dan IoT memungkinkan pengayaan / dari kedua paradigma sejak itu IoT menyediakan koneksi ke dunia fisik dengan merasakan dan menggerakkan sementara SN untuk berkontribusi pada banyak aspek harian di dunia manusia.

Artikel ini mengeksplorasi sejarah evolusi dari apa yang telah ada disebut SIoT, menganalisis kesenjangan dalam studi IoT berbasis sosial di tahap awal, dengan memperhatikan komputasi di di masa depan (mis., SIoT), dan muncul dengan desain arsitektur baru dengan mengintegrasikan berbagai komponen dari proposal sebelumnya, dan dengan persyaratan baru lalu tantangan penelitian untukSIoT.

 

  • Mengapa Kami Mempertimbangkan Prinsip SN untuk Diintegrasikan DenganKomputasi nyata di mana-mana

 

Istilah community of interest (COI) umumnya mengacu pada satu set entitas berkomunikasi mungkin juga dapat diartikan lebih jauh dengan diperpanjang untuk merujuk pada seperangkat entitas komunikasi yang terlibat di dalamnya menginginkan komunikasi, yaitu “COI baik”. Individu di COI semacam itu berbagi berbagai sumber daya dalam pengaturan online dan offline.

Mereka berbagi hubungan sosial, minat, dan kontekstual dan sumber daya multimedia. Juga, dalam beberapa skenario mereka berbagi fisik perangkat dan benda, mis., peralatan kantor / rumah. Sementara sosial hubungan dan data kontekstual yang dibagikan dalam komunitas online dianggap sebagai sumber daya produktif yang akan memfasilitasi kerjasama untuk saling menguntungkan [3], SIoT menyarankan untuk diperluas prinsip ini untuk mengintegrasikan elemen fisik dan kontekstual mereka data dari dunia nyata menjadi modal sosial untuk mencapai yang lebih baik memahami dan memodelkan kebutuhan nyata pengguna

  • Mengapa Step Selanjutnya Menggunakan SIoT

Komputasi di mana-mana di masa depan akan mengantar berbagai macam layanan dan aplikasi cerdas untuk mengatasi banyak tantangan yang dihadapi oleh individu dan organisasi dalam kehidupan sehari-hari mereka sehingga memungkinkan manusia dan hal-hal untuk terhubung dengan siapa pun atau apa pun, di mana saja, kapan saja. Sementara IoT belajar  biasanya menyebutkan komunikasi ke dunia fisik dengan merasakan atau menjalankan melalui banyak perangkat yang berbeda untuk menjadi kebaruan terbesar, paradigma SIoT, bagaimanapun, memunculkan keprihatinan tentang mengapa dan bagaimana memanfaatkan layanan ini dan aplikasi. Untuk tujuan ini, ada dua pertimbangan sebagai ditunjukkan pada Gambar. 1: 1) peningkatan sosialitas (atau konektivitas) dan 2) meningkatkan daya menyebar (atau ketersediaan).

Gambar 1. Hubungan Antara Keduanya

Gambar 2. SIoT Arsitektur

 

Paradigma IoT bertujuan untuk menghubungkan apa saja, kapan saja dari mana saja. Ini didasarkan pada tersedianya satu set layanan yang berasal dari interoperasi miliaran perangkat, dengan tujuan akhir peningkatankehidupan sehari-hari pengguna. Dalam tulisan artikel ini, digunakan untuk meninjau titik persimpangan IoT dengan SNs itu mendefinisikan paradigma, yang dikenal sebagai SIoT. Serikat ini muncul dari mewarisi fitur jejaring sosial dan nilai interaktivitas, rekomendasi dan penyaringan dan komposisi layanan dan menyarankan kerangka kerja universal untuk menggabungkan pengguna, perangkat dan layanan serta interaksi di antara mereka.   Menggambarkan evolusi dari WSN ke SIoT, dan menyediakan deskripsi terperinci dari paradigma baru ini dari beberapa poin pandangan merupakan bagian pertama dari makalah ini, untuk kemudian melalui situasi terkini dalam teknologi ini, menganalisis berbagai proposal dan implementasi, hingga akhirnya datang dengan deskripsi arsitektur umum yang mendalam

Referensi

  • Antonio M. Ortiz, Member, IEEE, Dina Hussein, Soochang Park, Member, IEEE, Son N. Han, Student Member, IEEE, and Noel Crespi, Senior Member, IEEE “The Cluster Between Internet of Things and Social Networks: Review and Research Challenges”, IEEE INTERNET OF THINGS JOURNAL, VOL. 1, NO. 3, JUNE 2014