Artikel ini akan memberikan informasi step by step cara membuka ebook format .Chm yang tidak bisa dibuka. Saat ini Ebook menjadi bacaan yang lebih banyak digunakan oleh para pembaca. Alasan orang lebih suka membaca ebook antara lain adalah karena sifatnya portable sehingga mudah dibawa kemana-mana. Ebook dapat dibaca dengan alat khusus, di komputer, gadget maupun smartphone.

Beberapa format yang dapat ebook yang ada adalah .pdf, .epub dan .chm. Ebook dengan format .Chm merupakan jenis dokumen yang berisikan beberapa dokumen HTML yang digabungkan menjadi 1 sehingga disebut dengan Compiled HTML (CHM). Hampir semua ebook yang ada dapat dibaca dengan mudah yaitu dengan melakukan klik 2 kali atau double click pada nama filenya. Ebook format .chm dapat dibaca dengan melakukan double click. Berikut ini contoh ebook dengan format file .chm:

Ada kalanya ebook .chm yang kita miliki tidak bisa dibuka, sebenarnya bisa di double click dan membuka window baru, tapi tidak menampilkan konten isi dari ebook tersebut. Berikut ini contoh tampilan Ketika ebook chm yang sudah dibuka tapi tidak memperlihatkan isi konten apapun:

Arrggh…kezel deh…, tapi tenang semua masalah pasti ada solusinya asal kita mau berusaha dan berdo’a. Berikut ini solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut:

  1. Berdo’a dulu sebelum memulainya
  2. Buka windows explorer (asumsi kita menggunakan PC dengan system operasi MS-Windows)
  3. Klik kanan pada file ebbok chm tersebut lalu pilih Properties

Pada Tab General, lihat bagian Security di bawah, ada checkbox Unblock yang kosong. Klik pada checkbox Unblock tersebut lalu klik tombol OK.

5. Sekarang dengan tetap berdo’a pada yang Maha Kuasa eksekusi file tersebut dengan melakukan double click.

6. Jika do’a kita terkabul maka ebook dengan format chm tadi akan menampilkan isi konten yang seharusnya.

Demikianlah step by step cara membuka ebook format .Chm yang tidak bisa dibuka semoga bermanfaat. Jika ada yang tidak berkenan sampaikan kritik ke penulis, tapi jika tulisan ini bermanfaat silahkan sampaikan ilmu yang didapatkan ke orang lain agar penulis dapat tambahan pahala.

Wassalam – Bobsis’20