Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

IoT (Internet of Things) adalah sistem otomatisasi dan analitik canggih yang mengeksploitasi jaringan, penginderaan, big data, dan teknologi kecerdasan buatan untuk menghasilkan sistem yang lengkap. untuk produk atau layanan. Sistem ini memungkinkan transparansi, kontrol, dan kinerja yang lebih besar. ketika diterapkan pada industri atau sistem apa pun. Sistem IoT memiliki aplikasi lintas industri melalui fleksibilitas teknologinya.

Gambar 1. IoT masa ke masa

Gambar 2. Trend Device

Sistem IoT memungkinkan pengguna untuk mencapai otomatisasi pada semua benda, analisis, dan integrasi yang lebih dalam pada suatu sistem. Mereka meningkatkan jangkauan area-area seperti smart health, lingkungan, farmasi dan sebagainya. IoT memanfaatkan teknologi yang ada dan muncul untuk teknologi seperti penginderaan, jaringan, ataupun robotika.

IoT memanfaatkan kemajuan terbarukan dalam software, hardware yang berpengaruh terhadap teknologi. Elemen-elemen baru yang canggih membawa perubahan besar dalam pengiriman produk, barang, layanan, lalu dampak sosial, ekonomi, dan politik.

Fitur terpenting IoT seperti di bawah ini:

  • AI
  • Konektivitas
  • Sensor
  • Keterlibatan Aktif
  • Perangkat Kecil

Keuntungan dari IoT di setiap bidang gaya hidup dan bisnis sebagai berikut :

Improved Customer Engagement –IoT sepenuhnya mengubah hal ini untuk mencapai keterlibatan pelanggan yang lebih efektif.

Technology Optimization – Teknologi dan data yang sama diharapkan meningkatkan pengalaman pelanggan

Reduced Waste – IoT membuat area perbaikan limbah menjadi lebih baik.

Enhanced Data Collection –IoT mengeluarkannya dan menempatkan data yang tepat di tempat yang benar-benar diinginkan manusia untuk dapat dianalisis.

 

Meskipun IoT memberikan serangkaian manfaat yang mengesankan, IoT juga menghadirkan serangkaian kerugian yang signifikan:

Keamanan –Sistem ini menawarkan sedikit kontrol meskipun ada langkah-langkah keamanan yang signifikan.

Privasi – Kecanggihan IoT memberikan data pribadi yang substansial dalam detail ekstrem tanpa partisipasi aktif pengguna.

Kompleksitas – Beberapa menemukan sistem IoT rumit dalam hal desain, penyebaran, dan pemeliharaan

Fleksibilitas – Banyak yang khawatir tentang fleksibilitas sistem IoT untuk diintegrasikan dengan yang lain.

Referensi

  • Tutorialspoint Internet Of Things www.tutorialspoint.com
  • Intels “An Introduction to The Internet of Things where and how to start” , November 2017, Mihai Tudor Panu mihai.tudor.panu@intel.com
  • Dr Antoine Bagula, ISAT Laboratory, University of Cape Town, South Africa “INTERNET OF THE THINGS (IoT): An introduction to wireless sensor networking middleware”

Marco Zennaro, PhD “Intro to Internet of Things ITU ASP COE TRAINING ON “Developing the ICT ecosystem to harness IoTs” “ , 13-15 December 2016 Bangkok, Thailand