Smart Interactive Mirror

Oleh: Mochammad Haldi Widianto

 

Sekarang, Smart Mirror dianggap sebagai perangkat yang mengfokuskan pada efisiensi.  memiliki sistem ON / OFF otomatis dengan merasakan keberadaan pengguna. Alpay Kasal dan Sam Ewen dari Lit Studios menciptakan cermin interaktif dengan layar sentuh bawaan. Smart Mirror hanya memiliki satu layar sentuh yang dapat meniru seperti mouse pada banyak fitur visual yang berseni lainnya. Contoh lain, The HUD mirror ciptaan dari lima mahasiswa Universitas di Singapura. Ciptaan ini terdiri dari cermin dua arah. Satu LED tergeletak di belakang untuk membaca data melalui cermin dan memiliki fitur penjadwalan, suhu, cuaca dan pengatur waktu. LDR dapat melakukan berbagai fungsi sebagai program dalam perangkat lunak Arduino. Pengenalan mirror dengan tag RFID untuk mendeteksi barang seperti pada kamar mandi. Seiring dengan berbagai macam fitur seperti pilihan untuk memeriksa email, tanggal dan aktif di media sosial. Smart Mirror dengan menyalakan / mematikan dengan sendirinya. Lalu, terus diperbarui dengan jadwal kalender, daftar tugas, Twitter, berita, dan cuaca. Semua informasi ini ditampilkan di tepi cermin antara area cermin untuk penggunaan cermin sebenarnya.

Semua komponen yang digunakan dalam pembuatan smart mirror salah satunya relay melalui pc pusat, yang merupakan driver utama untuk smart mirror. Panah menunjukkan bagaimana setiap blok berinteraksi. Sebagian besar blok merupakan input atau output pada Gambar 1:

Gambar 1. System Block Diagram

Antarmuka pengguna dan desain GUI dirancang khusus untuk pengguna. GUI dibuat mesti masuk akal secara visual, tidak mencolok, dan mudah dibaca. Antarmuka pengguna memberikan opsi yang menjadi intuitif. Ini adalah elemen yang membuat atau memecah suatu produk dalam dunia konsumen. Proyek smart mirror dimaksudkan untuk pengguna sehingga harus semua standar terpenuhi. Ada 6 aplikasi harus tersedia untuk pengguna dan mampu beradaptasi dengan apa yang diinginkan pengguna sekarang. Di sini rencana smart mirror dimana waktunya akan bisa terus ditampilkan kepada pengguna tanpa menutupi cermin apa pun. Font yang modern dan datar akan menjadi kekinian tren desain saat ini dan tetap dalam tema. Semua aplikasi tersedia di Windows 8 atau lainnya. Contoh ikon aplikasi dapat dilihat di bawah pada Gambar 2 yang berisi 6 ikon aplikasi itu adalah penafsiran pertama dari apa yang akan digunakan di smart mirror GUI.

Gambar 2. Aplikasi Mirror

Gambar 3. Format Icon Aplikasi

 

Desain vektor yang datar dan berwarna tebal ini diterjemahkan dalam ikon aplikasi seperti gambar 3. juga muncul di sebelah kiri dan kanan tepi cermin. Akan ada 3 aplikasi di setiap sisi, di tata letak vertikal. Ketika aplikasi ditampilkan hanya sebagai ikon, mereka berada dalam kondisi seminimal mungkin.

Smart Mirror berasal dari kebutuhan untuk manajemen waktu yang lebih baik dan produktif bersama dengan inspirasi baru, berkembangnya teknologi sekarang ide-ide seperti cermin cerdas telah dibuat untuk memberikan akses instan ke informasi dengan nyaman dan menghemat waktu. Semua aspek lain dari desain cermin dikembangkan dari ide-ide dan inspirasi lain. Tujuan dari Smart Mirror harus memenuhi deskripsi dalam desain yang telah direncanakan. Aplikasi seperti kalender, musik, berita, Twitter, daftar yang harus dilakukan, dan cuaca akan tersedia. Aplikasi yang ditampilkan secara tersembunyi di layar, disembunyikan oleh cermin dua arah, agar terlihat seperti UX yang mulus. Pengguna bahkan tidak perlu khawatir menyalakan dan mematikan sistem karena cermin akan mendeteksi gerakan dan melakukan pekerjaan untuk mereka. Proyek yang baik tidak dapat diproduksi tanpa penelitian yang memadai. Proyek dan produk serupa dianalisis untuk kesamaan, perbaikan, dan kekurangan. Nah sekarang bagaimana apakah kita dapat membuatnya sendiri di Indonesia sebagai peningkat juga baik di dunia Industri atau dunia Pendidikan

Referensi

  • Varsha Singh , Devi Singh “Smart Interactive Mirror Display”, Department of Computer Science and Engineering, Manav Rachna International Institute of Research and Studies, Faridabad, 2019 International Conference on Machine Learning, Big Data, Cloud and Parallel Computing (Com-IT-Con), India, 14th -16th Feb 2019